Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Feb 2020 16:46 WIB

Diskon Tiket Pesawat 3 Bulan, Menhub: Bisa Diperpanjang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
beli tiket pesawat Foto: shutterstock
Jakarta -

Demi memulihkan sektor pariwisata yang terhantam dampak virus corona, pemerintah memberikan diskon tiket pesawat untuk masyarakat. Diskon ini dipatok mulai 45-50% pada harga tiket pesawat selama 3 bulan ke depan pada 10 daerah tujuan wisata.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bukan cuma tiga bulan, kebijakan ini bisa saja diperpanjang. Menurutnya, apabila ternyata sektor pariwisata belum 'sembuh' setelah insentif ini diberikan, bisa saja periode diskon diperpanjang.

"Kita berikan kesempatan pada dasarnya ya 3 bulan dulu, Maret, April, dan Mei. Kalau situasi recover, kalau belum ya kita pertimbangkan untuk bisa diperpanjang," ungkap Budi Karya di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020).

Budi Karya juga menjelaskan komosisi insentif yang diberikan. Dia menjelaskan diskon 30% diberikan dari pemerintah. Kemudian 15% diskon diberikan dari potongan harga avtur. Lalu 5% diskon diberikan oleh Angkasa Pura I dan II serta AirNav.

"Jadi kira-kira komposisinya 30% dari pemerintah. Avtur dari pertamina itu 15%. Lalu, 5% itu sharing AP I, AP II, dan AirNav. Jadi semua berikan insentif bisa atasi masalah wisatawan," ungkap Budi Karya.

Sebelumnya Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan diskon yang diberikan untuk harga tiket ada tiga. Pertama, diskon 45% dari harga tiket diberikan untuk tiket penerbangan pada maskapai full service.

"Besarannya kita hitung secara rinci, sudah ditentukan. Benefit apa yg didapatkan? Penumpang akan dapatkan diskon untuk full service 45% dari total harga. Misal se-jutaan, diskon Rp 450 ribu," kata Novie di bilangan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Kedua, untuk pesawat medium class akan diberikan diskon tiket sebesar 48%. Ketiga, maskapai low cost carrier akan mendapatkan diskon 50% dari harga tiket.

"Medium class itu dapat 48% dari harga tiket. Kemudian, LCC itu 50%," jelas Novie.

Diskon ini dapat dinikmati selama tiga bulan mulai Maret, dan berlaku untuk 25% penumpang dalam satu pesawat. Diskon diberikan untuk penerbangan ke 10 destinasi wisata pilihan, yaitu Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit-Danau Toba, Tanjung Pandang, dan Tanjung Pinang.



Simak Video "Cara Refund Tiket Pesawat Saat Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com