Distribusi Beras Telat Karena Banjir, Bulog Pakai Truk TNI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 27 Feb 2020 10:40 WIB
Dirut Bulog Budi Waseso
Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta -

Banjir yang melanda sejumlah titik di Jakarta, Bekasi, dan Wilayah Banten pada hari Selasa (25/2) kemarin sempat menyebabkan keterlambatan dalam distribusi beras Bulog.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menuturkan, pihaknya menggunakan truk TNI untuk melaksanakan kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau operasi pasar.

"Keterlambatan itu bilamana truknya tidak bisa menembus banjir. Tapi kan ada jalan lain. Kita kerjasama termasuk dengan TNI, dengan perahu karetnya TNI sekaligus evaluasi korban banjir. Kita juga mendrop bahan makanan termasuk beras," kata Buwas ketika melakukan sidak di Gudang Bulog, Jakarta Utara, Kamis (27/2/2020).

Meski terlambat, Buwas memastikan kegiatan operasi pasar itu terlaksana.

"Sebenarnya tidak, hanya mungkin ada keterlambatan pendistribusian sedikit. Tapi tidak semuanya," ungkap mantan Kepala BNN tersebut.

Selain itu, ia mengakui memang banjir sempat menutup akses Gudang Bulog di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Namun, air tak sempat memasuki gudang.

Pihaknya pun telah menyiapkan gudang di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan bilamana gudang di Kelapa Gading terdampak banjir.

"Iya sempat beberapa saat tapi nggak lama. Kita sudah prediksi, begitu ini cuaca nggak bisa kita prediksi, maka sebagian sudah kita dorong ditaruh di gudang-gudang terdekat contohnya di Gatot Subroto ada gudangnya Bulog, sudah kita siapkan di sana untuk kalau kita mau stabilisasi di wilayah kota," imbuh dia.

Sebagai informasi, Bulog pada hari Selasa lalu melakukan KPSH di wilayah Jakarta dan Banten dengan membawa 600 ton beras.

Distribusi Beras Telat Karena Banjir, Bulog Pakai Truk TNI



Simak Video "Anies Hentikan Program Toa untuk Peringatan Dini Banjir!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)