Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Feb 2020 13:47 WIB

Arab Saudi Setop Umrah, Airlangga Hartarto Buka Suara

Hendra Kusuma - detikFinance
Airlangga Hartarto Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: (Rusman-Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi menyetop sementara kedatangan jemaah umrah dari negara lain, termasuk Indonesia. Keputusan itu diambil sebagai bentuk antisipasi merebaknya virus corona.

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto beranggapan hal tersebut wajar karena bentuk pencegahan virus corona yang sudah menyebar ke banyak negara.

"Ya tentu semua kan melihat perkembangan daripada virus corona ini," kata Airlangga di kantornya, Jakarta, Kamis (27/2/2020).


Mantan Menteri Perindustrian ini juga menceritakan pemerintah Indonesia sudah memiliki jurus mengantisipasi dampak virus corona, salah satunya ke perekonomian nasional.

Menurut Airlangga, pemerintah mencegah dampak virus corona ke perekonomian Indonesia melalui sederet insentif yang akan diberlakukan pada Maret 2020. Setidaknya pemerintah menganggarkan Rp 10,3 triliun untuk insentif tersebut.

Berbagai insentif yang disiapkan pemerintah di antaranya tambahan manfaat kartu sembako, diskon liburan, insentif maskapai dan agen perjalanan, insentif bebas pajak hotel dan restoran serta kompensasinya ke pemerintah daerah (Pemda), hingga tambahan subsidi bunga dan uang muka (DP) rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Tentu kita juga akan memonitor karena sebentar lagi kan kita juga me-

review yang telah dilakukan kemarin, termasuk pembatasan turis yang 14 hari berada di China. Tentu kita akan review kembali," ungkap dia.

Arab Saudi Setop Umrah, Airlangga Hartarto Buka Suara


Simak Video " Curhat Jemaah yang Gagal Umrah: Bagasi Masuk, Tapi Batal Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com