Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Feb 2020 16:01 WIB

Niat Pulangkan Jemaah Umrah, Garuda Bakal Bawa Pesawat Kosong

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi Garuda Indonesia Foto: Ilustrasi Garuda Indonesia (Shinta/detikTravel)
Jakarta -

Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berniat mengangkut jemaah Indonesia yang telah melaksanakan umrah dari Arab Saudi. Untuk menjemput jemaah, Garuda berniat berangkat dengan muatan kosong.

Demikian disampaikan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiapura di Kantor Garuda Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

"Bagaimana dengan temen-temen kita di sana? Garuda komitmen bawa pulang. Kita akan pergi kosong, bawa pulang," katanya.

Pemerintah Arab sendiri baru saja mengumumkan untuk menyetop kedatangan jemaah umrah, termasuk dari Indonesia. Irfan bilang, sejak pengumuman itu, pihaknya masih sempat menerbangkan jemaah. Namun, tak lama penerbangan ke Arab Saudi ditolak.

"Beberapa sudah berangkat, kita tadi pesawat GA 80 tetap berangkat dengan isi, tapi saya baru dapat informasi ditolak berangkat, di check-in counter dinyatakan tidak boleh berangkat," ujarnya.

Irfan menuturkan, saat ini pihaknya tengah memberi pengertian kepada penumpang. Sejalan dengan itu, pemerintah Indonesia terus berkomunikasi dengan pemerintah Arab.

"Kita coba memberi pengertian, beberapa sedang melobi. Kementerian sedang menghubungi Saudi, tapi kelihatannya ini cukup membingungkan memang," tutupnya.



Simak Video " Curhat Jemaah yang Gagal Umrah: Bagasi Masuk, Tapi Batal Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com