Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Mar 2020 14:07 WIB

Corona Serang RI, Pemeriksaan di Terminal Bus dan Pelabuhan Diperketat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kepala BPTJ Bambang Prihartono meresmikan terminal tipe A Pondok Cabe di Tengerang Selatan, Senin (31/12/2018). Selain peresmian terminal ini juga dibuka trayek PPD Premium Pondok Cabe Senen dan juga Damri tujuan Bandara Soekarno Hatta. Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Indonesia sudah terjangkit virus corona, dua warga di Depok telah positif terjangkit virus ini. Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus, Kementerian Perhubungan akan melakukan pengetatan pemeriksaan penumpang mulai dari terminal bus hingga pelabuhan penyeberangan.

Ditjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Kemenkes dan Dinkes di daerah untuk memperketat pemeriksaan penumpang.

Dia mengatakan bahwa terminal dan pelabuhan penyeberangan harus ketat pemeriksaannya, kalau perlu seketat pemeriksaan di bandara.

"Saya nanti akan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan terutama dinas kesehatan setempat. Tempat-tempat terminal, penyeberangan, saya minta perlakuan yang sama seperti di bandara," kata Budi, di sela acara Rakornis Ditjen Perhubungan Darat , di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2020).

Budi mengatakan pihaknya mau memasang deteksi panas dan memperketat catatan penumpang di terminal dan pelabuhan penyeberangan.

"Jadi minimal mungkin dideteksi panasnya, kemudian mungkin seperti yang dicatat juga di bandara," sebut Budi.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengumumkan ada dua warga Indonesia yang positif terkena virus Corona di Indonesia. Saat ini kedua korban ibu dan anak ini ditangani di RS Suliyanti Saroso.

Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia. WN Jepang itu diketahui positif virus Corona saat tiba di Malaysia.



Simak Video "WNA Pasien Corona yang Meninggal Sebelumnya Dirawat di RS Sanglah"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com