Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Mar 2020 22:15 WIB

Mantap! Angkut Motor Lewat Kereta Pas Mudik Bisa Gratis

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Permintaan pengiriman paket sepeda motor terus meningkat jelang Lebaran. Pengiriman via kereta api itu mengalami kenaikan dua kali lipat. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan angkutan motor gratis pada masa angkutan lebaran tahun 2020. Motor sendiri akan diangkut dengan kereta.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Danto Restyawan mengatakan pihaknya akan menyediakan fasilitas pengiriman untuk 19 ribu motor.

"Yang tahun lalu yang kita angkut adalah sebanyak 18.096 motor, prediksi tahun 2020 yang kita angkut 19.136 motor. Jadi ada kenaikan 1.040 motor," kata Danto di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Pendaftaran sudah dibuka secara online sejak tanggal 26 Februari hingga 14 Mei 2020 melalui website mudikgratis.dephub.go.id . Pendaftaran juga bisa langsung dilakukan pada stasiun yang ditunjuk. Sejak tanggal 26 Februari hingga 28 April mendatang.

Untuk di wilayah Jabodetabek dan Bandung bisa mendaftar pada Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Depok Baru, Tangerang, Cimahi dan Kiara Condong. Sementara itu untuk di daerah bisa mendaftar lewat Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Mojokerto, Madiun, Purwosari dan Lempuyangan.

Pengangkutan motornya sendiri dilaksanakan tanggal 16 hingga 22 Mei 2020 saat arus mudik dan 27 Mei hingga 1 Juni 2020 pada saat arus balik.


Terdapat tiga lintas layanan angkutan motor gratis tahun ini. Pertama lintas Utara dengan rute Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Pasar Turi. Dengan stasiun singgah mulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat dan berakhir di Stasiun Pasar Turi. Lintasan ini memiliki kapasitas maskimal 504 motor per hari.

Kemudian, lintas Layanan Selatan 1 dengan rute Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Kutoarjo (PP). Lintas ini memiliki stasiun singgah di Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang/Lemah Abang, Cimahi, Kiara Condong, Sidereja, Kroya, Gombong, Kebumen dan berakhir di Kutoarjo. Lintasan ini mampu memilki kapasitas maksimal 464 motor per hari.

Terakhir ada lintas Selatan 2 rutenya dari Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Pasar Turi (PP), dengan stasiun singgah: Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang/Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, dan berakhir di Stasiun Pasar Turi. Lintas ini memiliki kapasitas maksimal 504 motor perhari.

Syarat-syarat mengikuti Program motis tahun 2020 adalah:
1. KTP, SIM Yang masih berlaku dan KK;
2. Motor dengan kapasitas silinder 200 CC kebawah dan pajak yang telah dibayar;
3. Mendaftar melalui webite: mudikgratis.dephu.go.id dilanjutkan verifikasi langsung ke stasiun yang ditunjuk dengan jangka waktu 2x24 jam.
4. Pada saat mendaftar online, calon peserta bisa memesan tiket kereta langsung sesuai jadwal yang diinginkan (selama kuota masih tersedia);
5. Peserta yang sudah memiliki tiket mudik baik moda kereta atau bus dapat ikut program ini dengan menunjukkan bukti tiket tersebut;
6. Pendaftaran juga bisa dilakukan langsung ke Posko Motis PT. LNP (Lintas Nusantara Perdana) di stasiun yang telah ditunjuk dengan jadwal yang sudah ditentukan ;
7. Setelah pendaftaran selesai, motor diserahkan pada masksimal 1 hari sebelum tanggal keberangkatan dan diambil di stasiun tujuan maksimal 1 hari setelah motor tiba dengan membawa bukti daftar dan bukti kirim.
8. Satu pendaftar dapat fasilitas kemudahan beli tiket sebanyak 2 orang dewasa dan 1 anak (usia 1-11 tahun);
9. Pada saat pengiriman, motor dalam kondisi kosong (tanpa BBM).



Simak Video "Duh! 2 Napi Asimilasi di Konawe Kembali Berulah, Curi 7 Motor"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com