Stasiun Kereta hingga Terminal Bus Siaga Corona!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 03 Mar 2020 07:30 WIB
Thermal scanner dipasang di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis (23/1/2020).
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Jakarta -

Dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit corona. Kementerian Perhubungan baru mulai melakukan antisipasi penyebaran virus corona.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Kemenhub Adita Irawati mengatakan, hari ini pihaknya akan segera melakukan rapat kordinasi untuk menyusun strategi pencegahan penyebaran virus corona lewat transportasi umum.

"Nanti kita sampaikan setiap subsektor kayak apa. Kalau di udara dan laut kan udah jelas kemarin. Darat nih baru tadi pagi update-nya, jadi besok (hari ini) kami rapat kordinasi susun SOP," ungkap Adita, di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Adita mengatakan pihaknya akan memprioritaskan wilayah Jakarta dan Depok untuk fokus pencegahan virus corona. Seperti diketahui dua orang yang positif terkena virus corona merupakan warga Depok.

"Kan sementara baru diidentifikasi di Jakarta dan Depok. Itu mungkin prioritas kami," ungkap Adita.

Kemudian pihaknya juga meminta kepada operator transportasi untuk aktif memberikan imbauan dan instruksi untuk melakukan pencegahan penyebaran corona.

"Nanti semua operator akan kami berikan imbauan dan instruksi agar bisa mencegah penyebaran virus ini," kata Adita.

Moda transportasi darat mulai dari kereta hingga bus menjadi fokus pencegahan virus corona. Apa yang akan dilakukan?

Menurut Adita, kemungkinan besar akan ada pemasangan thermal scan alias alat pengukur suhu tubuh yang akan dipasang di stasiun dan terminal bus.

"Sangat memungkinkan. Tapi kami pikir teknisnya seperti apa nanti dibahas di rapat. Kan titiknya sangat luas," kata Adita.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "WNA Pasien Corona yang Meninggal Sebelumnya Dirawat di RS Sanglah"
[Gambas:Video 20detik]