Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Mar 2020 11:14 WIB

Jokowi: Virus Corona Bikin Ekonomi Dunia Tambah Sulit

Andhika Prasetia - detikFinance
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Andhika/detikcom) Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tantangan yang dihadapi saat ini. Jika dulu sebatas perang dagang, sekarang muncul masalah baru yaitu wabah virus Corona COVID-19.

"Tantangan yang kita hadapi saat ini betul-betul sangat tidak mudah. Dulu kita pikir menyelesaikan 1 saja sudah pusing perang dagang, perang dagang belum bisa diselesaikan sekarang muncul virus corona COVID-19 yang itu menambah sulitnya ekonomi dunia, sulitnya politik global yang menjadikan tidak menentu," ujar Jokowi dalam rapat kerja Kemendag di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2020).

Virus Corona tidak hanya berdampak kepada manusia secara medis, tetapi juga ke perekonomian. Untuk itu, Jokowi mengajak untuk sama-sama mencari jalan keluar.

"Dampaknya akan kita rasakan betul baik itu dari sisi penurunan aktivitas ekonomi melambatnya kinerja berbagai sektor dan kita harapkan ini bisa meskipun ada tekanan yang sangat berat seperti ini kita hrs bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. tetap fokus bekerja menjaga Optimisme, memanfaatkan peluang dan mencari jalan keluar," ujar Jokowi.

Jokowi meminta pejabat tidak sekedar bekerja rutinitas. Perlu ada terobosan menyikapi fenomena yang ada.

"Yang pertama jangan kerja rutinitas. ini keadaannya tidak normal. saya rasa pak ketua Kadin yang di lapangan pelaku pasti ngerti kesulitannya. sekali lagi Jangan bekerja normal dan rutinitas. Carikan terobosan-terobosan yang sederhana," kata Jokowi.



Simak Video "WNA Pasien Corona yang Meninggal Sebelumnya Dirawat di RS Sanglah"
[Gambas:Video 20detik]
(dkp/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com