Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Mar 2020 13:25 WIB

Ridwan Kamil Butuh Rp 60 T Bangun Jabar di 2021

Hendra Kusuma - detikFinance
Ridwan Kamil Foto: Mukhlis Dinillah
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajukan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebesar Rp 60 triliun untuk tahun anggaran 2021. Pengajuan itu diusulkan langsung pada rapat koordinasi (rakor) dengan Gubernur dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) 2021.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan anggaran Rp 60 triliun yang diusulkan lebih banyak dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur dan penanganan banjir.

"Jabar membutuhkan Rp 60 triliun. Mudah-mudahan dipenuhi semuanya," kata Ridwan Kamil di kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini bilang pengembangan infrastruktur pada tahun depan mulai dari bendungan, jalan tol, hingga pengembangan wilayah Jawa Barat Selatan. Khusus untuk penanganan banjir, Pemprov Jabar mengalokasikan sebesar Rp 15 triliun.

"Lalu untuk penambahan dana desa, karena jumlah desa dikit tapi penduduknya banyak, kemudian untuk pengembangan infrastruktur dan yang terpenting pengalihan banjir yang urgensi di 202," jelasnya.

Menurut Mantan Wali Kota Bandung ini menyebut kebutuhan pengembangan infrastruktur di Jawa Barat mencapai 80% dari total Rp 60 triliun yang diusulkan untuk tahun 2020.

"Kan jalan tol dari Bandung-Cilacap, pengembangan bandara baru, kemudian bendungan-bendungan, rata-rata infrastruktur 80% kebutuhannya infrastruktur," ungkap dia.



Simak Video "Ridwan Kamil Minta Warga Mudik Digital dan Salat Id di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com