Jurus Cegah Corona 'Serang' Penumpang Kereta

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 05 Mar 2020 06:00 WIB
Ilustrasi Kereta Api DAOP 5 Purwokerto
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Jakarta -

Stasiun kereta api bakal dilengkapi oleh thermal scanner untuk mengantisipasi penularan virus corona COVID-19. Alat pengecek suhu tubuh itu utamanya akan ditempatkan di stasiun-stasiun besar atau yang melayani kereta jarak jauh.

Namun Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan pengadaan alat tersebut membutuhkan proses karena saat ini barang tersebut mulai langka di pasaran.

"Kita sedang mengadakan proses thermal scanner, ternyata memang ini perlu proses karena sekarang ternyata di pasar juga tidak mudah untuk dapat itu. Tapi insyaallah dalam waktu dekat kita punya itu, dan kita aplikasikan," kata dia saat berkunjung ke detikcom, Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020).

Rencananya alat tersebut juga akan disediakan di stasiun KRL. Untuk saat ini yang didahulukan adalah penyediaan antiseptik untuk membersihkan tangan.

"Tadi sudah saya sampaikan untuk Corona sudah kita antisipasi dengan menginstruksikan KRL, itu menyiapkan antiseptik untuk cuci tangan segala macam," jelasnya.

Untuk pengguna kereta jarak jauh pun disediakan antiseptik yang bisa digunakan setelah melakukan proses boarding.

"Dan untuk kereta jarak jauhnya yang dikelola oleh kereta api harus disiapkan mana kala orang boarding itu mereka supaya bisa cuci tangan dulu kemudian," tambahnya.

Apakah virus Corona bikin calon pengguna kereta untuk mudik berkurang? Penjelasannya lengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3