Jual Masker Murah, PD Pasar Jaya Batasi 1 Kotak per Orang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Mar 2020 19:30 WIB
Pedagang menunggu calon pembeli masker di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (28/2/2020).  Harga masker yang sempat menyentuh sekitar Rp1,7 juta per kotak untuk jenis N95 karena dampak virus corona, kini telah turun hingga sekitar 50 persen menjadi sekitar Rp800 ribu hingga Rp900 ribu per kotak, sementara untuk masker bedah dari harga sekitar Rp250 ribu menjadi Rp160 ribu per kotak. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta -

PD Pasar Jaya Pasar Jaya mengguyur masker murah ke pasar di Jakarta. Masker ini dijual dengan harga Rp 2.500 per lembar atau Rp 125.000 per kotak.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan bahwa pihaknya membanjiri pasar dengan total 1 juta masker.

"Kita cari stok masker yang sesuai standar ada sertifikasi dan sebagainya, kita dapat 1 juta masker untuk kita lakukan operasi pasar. Itu sekitar 20 ribu box," kata Arief di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (5/3/2020).

Hal ini dilakukan setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkannya untuk melakukan normalisasi harga.

"Pak Gubernur minta harga masker ini dinormalisasi, kita sebagai yang punya pasar langsung turun hari ini," ungkap Arief.

Operasi pasar dilakukan di JakMart yang berada di dalam Pasar Pramuka. Di sana masker dijual cuma Rp 2.500 per lembar dengan harga satu kotak Rp 125.000. Bagi masyarakat yang mau membeli harus menunjukkan KTP dan hanya bisa membeli satu kotak.

"Yang beli dibatasi per orang satu box di JakMart, Pasar Pramuka. Rp 125.000 per box per piece cuma Rp 2.500, silakan datang dan tunjukkan KTP," kata Arief.

Arief mengatakan mekanisme pasar akan berjalan dengan adanya operasi pasar. Sehingga harga pasaran masker akan turun. Dia mengatakan apabila ada harga barang murah dengan stok banyak di pasar maka akan memicu penurunan harga pasar.

"Memang nggak bisa in one short night. Tapi mekanisme pasar pasti terjadi kok, kalau ada harga lebih murah di pasar, stoknya banyak, pasti semua akan turun, jadi nggak usah ragu," kata Arief.

Jual Masker Murah, PD Pasar Jaya Batasi 1 Kotak per Orang


Simak Video "Beli Masker di Pasar Pramuka Kini Cuma Boleh Maksimal 5 Boks"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/eds)