Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 06 Mar 2020 18:01 WIB

Suka Telat Bayar Tagihan? Coba Pakai Cara Ini biar Nggak Nunggak

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFinance
Mesin pembayaran non tunai Electronic Data Capture (EDC) Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Tagihan merupakan kewajiban yang harus dibayarkan setiap bulannya. Namun karena dibayar per periode, tagihan tersebut terlewat karena lupa ataupun tak sempat dibayarkan. Bisa juga tagihan terlewat karena sedang bokek.

Agar tak telat lagi membayar tagihan, ada banyak cara yang jadi solusi buat yang sering telat bayar tagihan.

Tabung Uang Secara Konsisten

Untuk bisa membayarkan tagihan setiap bulannya, tentunya butuh dana yang cukup agar tidak kekurangan saat sudah jatuh tempo. Cobalah menyisihkan uang secara konsisten, misalnya dari sisa-sisa pembayaran yang dilakukan setiap harinya. Setelah terkumpul, tabungan itu pun bisa untuk digunakan untuk membayar tagihan.

Membuat Debit Langsung

Beberapa pembayaran tagihan bisa dilakukan dengan mendebit tabunganmu secara langsung setiap bulannya. Nah, cobalah untuk melakukan perencanaan, tagihan mana saja yang bisa didebit langsung dan tagihan mana yang harus dibayarkan secara langsung.

Bikin Pengingat Pembayaran

Ini yang harus diperhatikan oleh si pelupa. Sebaiknya buat pengingat di smartphone atau menulisnya di tempat-tempat yang sering dilewati di rumah. Contohnya meja kerja atau kulkas. Tuliskan tagihan apa saja yang harus dibayar dan kapan akan jatuh tempo.

Bayar Lewat Aplikasi Online

Membayar secara manual, biasanya ada rasa malas untuk pergi ke luar rumah. Maka dari itu membayar lewat aplikasi online bisa menjadi solusi di tengah kebiasaan rebahan yang susah dihilangkan.

Di Grab ada fitur yang bisa bikin proses bayar tagihan jadi tak ribet lagi. Fitur tersebut adalah Grab Bills! Dengan Grab Bills kamu membayar tagihan tanpa harus keluar rumah, cukup melalui smartphone, dan bayar dengan menggunakan dompet digital OVO. Ada beberapa pilihan tagihan yang bisa dibayarkan seperti BPJS, PDAM, PLN dan sebagainya.

(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com