Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Mar 2020 10:36 WIB

Virus Corona Bisa Menular Lewat Uang Tunai?

Trio Hamdani - detikFinance
woman hands counting turkish lira in office Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Lembaga di seluruh dunia berpikir keras untuk meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19). Kali ini muncul kekhawatiran bila uang tunai bisa menjadi media penularan wabah mematikan tersebut. Alat pembayaran konvensional tersebut menjadi benda yang disentuh banyak orang.

"Tidak ada keraguan kita melewati mikroorganisme melalui uang tunai," kata Paul Matewele, seorang dosen senior di bidang mikrobiologi di London Metropolitan University, dikutip dari CNN, Senin (9/3/2020).

Berdasarkan keterangan CNN, menurut sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan di New York City, para peneliti menemukan mikroorganisme yang hidup di permukaan uang tunai, mulai dari bakteri mulut, bakteri vagina, hingga virus mirip flu.

Namun belum ada kesimpulan pasti yang dijelaskan apakah virus corona benar-benar bisa tertular lewat uang tunai. Terlebih diketahui bahwa China sudah menjadi masyarakat non-tunai dan wabah corona tetap menyebar di sana.

Menurut eMarketer, hampir 50% populasi China menggunakan pembayaran mobile untuk melakukan pembelian. Itu berdasarkan data pada kuartal kedua 2019. Platform pembayaran kode QR, termasuk WeChat dan AliPay, juga telah terbukti berhasil dan penyedia solusi pembayaran mobile dan tanpa kontak sedang memperluas ke pasar lain.

Terlepas dari itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mencuci tangan setelah memegang uang, terutama sebelum makan.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com