Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Mar 2020 19:00 WIB

Rizal Ramli Sebut Ada 'Kejutan' Buat Ekonomi RI Jelang Lebaran

Faiq Azmi - detikFinance
Rizal Ramli Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Ekonom Rizal Ramli memprediksi akan terjadi suatu hal besar di Indonesia menjelang Lebaran nanti. Hal itu diungkapkannya saat ditemui di Surabaya Town Square, Minggu (8/3/2020).

Suatu hal besar itu kata dia ditimbulkan oleh krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia. Krisis ini sendiri diproyeksi mengubah perpolitikan di Indonesia sesuai dengan sejarah yang pernah ada.

"Kita lihat sejarah Indonesia, Bung Karno jatuh karena krisis ekonomi, Soeharto juga. Jadi sesuatu besar terjadi di Indonesia karena krisis ekonomi," kata Rizal.

Ada beberapa faktor yang disebutnya menjadi pendorong terjadinya krisis. Menurutnya ada lima hal penting di sektor ekonomi yang saat ini tengah memiliki masalah besar.

Lima hal tersebut yakni, indikator makro ekonomi yang merosot, daya beli yang menurun, kasus Jiwasraya, ekonomi digital yang mengalami koreksi valuasi dan yang terakhir gagal panen para petani.

"Kelima gelembung ini akan terjadi bersama. Kalau masih satu-satu terjadi bisa diatasi. Kalau semua terjadi bersamaan, menjelang Lebaran bisa terjadi sesuatu besar di Indonesia. Bisa terjadi perubahan politik di Indonesia, bukan karena ada oposisi yang hebat, tapi karena krisis itu sendiri menciptakan suatu perubahan," kata Rizal.

"Ini kan sudah terjadi pelan-pelan, the beginning. Sebetulnya sudah 2 tahun lalu kami ingatin, bahwa Rizal Ramli ngomong begini, solusinya begini. Tapi pemerintah terlalu jumawa, padahal nggak ngerti-ngerti amat. Akhirnya masalah itu semakin besar, gelembungnya semakin besar," lanjutnya.

Rizal mengklaim dirinya sering memprediksi bagaimana nasib ekonomi Indonesia. Ia yakin, banyak ramalannya di bidang makro, korporasi dan bisnis, hampir menjadi kenyataan semua.

"Bukan karena Rizal Ramli punya indra ke-6. Karena kita sudah terbiasa memonitor semua masalah dengan angka. Kita bikin prediksi, simulasi, sehingga ramalan itu kebanyakan terjadi semua. seperti contoh Soeharto dulu," terangnya.



Simak Video "Rizal Ramli Sebut BPJS Dibentuk Dengan Keterpaksaan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com