Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Mar 2020 22:15 WIB

Luhut Rapat Bahas Pariwisata Borobudur, Apa Hasilnya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Candi Borobudur Foto: Eko Susanto/detikTravel
Jakarta -

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan melakukan rapat koordinasi mengenai pembangunan kawasan pariwisata di sekitar Candi Borobudur. Salah satu yang dibahas adalah laporan pembebasan lahan.

Menurut Luhut, Badan Otorita Borobudur selaku operator kawasan strategis pariwisata di sana baru saja membebaskan lahan. Dia mengatakan pembebasan lahan didapatkan dari PTPN IX.

"Borobudur kita finalisasi mengenai lahan, tapi sudah beres tadi. Karena dia pakai lahan PTPN IX, tadi ganti lahan tapi sudah beres," kata Luhut ditemui di kantornya, Senin (9/3/2020).

Di kesempatan berbeda Kepala Badan Otorita Borobudur Indah Juanita mengatakan bahwa pihaknya mengelola daerah wisata di luar Candi Borobudur. Tepatnya berada di Bukit Menoreh, sekitar 12 km dari kompleks candi.

"Jadi kita bukan mengelola candi yah jaraknya 12 km dari candi kita ada di Bukit Menoreh," jelas Indah.

Salah satu wisata yang ditonjolkan adalah sirkuit alias arena balap mountain bike. Selain itu, dia mengatakan akan membangun villa-villa di sekitar sirkuit.

"Di kawasan itu kita sudah punya master plan sudah jadi nanti ada villa-villa. Terus sama karena tempatnya berbukit kami sudah mengembangkan sirkuit untuk mountain bike," ungkap Indah.

Indah juga mengatakan pihaknya akan membuat kawasan UMKM dan sebuah mini teater. Hal ini dilakukan agar penduduk sekitat merasakan efek pembangunan.

"Ada UMKM dan ada mini teater juga jadi kita sangat memperhatikan lingkungan supaya lingkungan tidak jadi penonton tapi ikut merasakan ada pembangunan itu mereka dapat multiplayer efeknya," papar Indah.



Simak Video "Demi Keselamatan Bersama, Luhut Ajak Masyarakat Jangan Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com