Jack Ma Jadi Orang Terkaya di Asia, Geser Mukesh Ambani

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 10 Mar 2020 11:12 WIB
Jack Ma
Jack Ma/Foto: Reuters
Jakarta -

Pendiri Alibaba, Jack Ma berhasil menggeser konglomerat perusahaan energi asal India, Mukesh Ambani sebagai orang terkaya di Asia. Mukesh lengser akibat pergerakan harga saham global yang fluktuatif dan runtuhnya harga minyak.

Mengutip scmp.com Ambani kehilangan US$ 5,8 miliar akibat ketakutan pasar karena penyebaran virus corona. Saat ini Jack Ma mengantongi kekayaan US$ 44,5 miliar atau lebih banyak US$ 2,6 miliar dari Ambani.

Memang harga minyak terus merosot tajam dalam 29 tahun terakhir karena perang antara Arab Saudi dan Rusia. Kemudian penyebaran corona juga memicu penurunan permintaan.

Selain itu virus corona juga turut mengganggu sejumlah bisnis Alibaba, namun bisnis Alibaba masih tertolong dengan permintaan untuk layanan komputasi awan dan aplikasi mobile.

Menanggapi hal ini Ambani akan melakukan pemotongan utang grup menjadi nol dari total sebesar US$ 21 miliar pada Maret lalu.

Sumber kekayaan Mukesh ini berasal dari Reliance Industri miliknya. Reliance sendiri pertama kali didirikan oleh mendiang ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, pada tahun 1966 sebagai produsen tekstil kecil.

Kini Reliance industri miliknya telah membawahi berbagai anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti petrokimia, telekomunikasi, hingga ritel, membuatnya menjadi orang super kaya yang tak terkalahkan di India selama 12 tahun.



Simak Video "Jack Ma Bicara Soal Kunci Sukses Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)