Kunjungi Indonesia, Raja Belanda Boyong 110 Investor

Andhika Prasetia - detikFinance
Selasa, 10 Mar 2020 16:01 WIB
Virus Corona membuat sapaan berupa jabat tangan menjadi tabu. Hal itu terlihat saat kunjungan RaJa Belanda ke Indonesia.
Foto: AP/Dita Alangkara
Bogor -

Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berkunjung ke Indonesia. Keduanya diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi di Istana Bogor.

Dalam pertemuan itu, Raja Willem menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia yang akan merayakan HUT ke 75. Termasuk juga apresiasi terhadap hubungan kerja sama yang hangat antara Indonesia dan Belanda.

Selain itu, Raja Willem juga menyinggung 110 perusahaan dari Belanda ikut ambil bagian dalam kunjungannya ke Indonesia.

"110 perusahaan telah bergabung dengan saya dalam kunjungan ini karena mereka melihat pentingnya hubungan dan hubungan masa depan antara Indonesia dan Belanda," tutur Raja Willem di Istana Bogor, Selasa (10/3/2020).


Sementara itu Presiden Jokowi menyambut baik kedatangan Raja dan Ratu Belanda dengan salah satu misinya meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara.

"Memasuki usia 75 tahun Indonesia memiliki komitmen kuat untuk memperkokoh hubungan bilateral dengan Belanda. Sebuah hubungan yang saling menghormati kedaulatan, integritas, wilayah, saling menghormati dan saling menguntungkan," tutur Jokowi

Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan selama kunjungan ke Indonesia, Raja Belanda membawa delegasi bisnis yang cukup banyak, lebih dari 100 investor.

"Tadi saya mencoba mengonfirmasi kembali jumlahnya, jumlahnya lebih dari 100 dan mereka akan melakukan pertemuan-pertemuan, sementara raja melakukan kunjungan ke Yogyakarta, maka tim ekonomi akan melakukan pertemuan dengan counterpart-nya termasuk di Surabaya dan sebagainya," tutur Retno.



Simak Video "Raja dan Ratu Belanda Nikmati Cokelat Indonesia di Pipiltin Cocoa"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/dna)