Tommy Soeharto Bangun Pasar Modern di Karawang

Luthfiana Awaluddin - detikFinance
Rabu, 11 Mar 2020 16:20 WIB
Tommy Soeharto bangun pasar modern di Karawang
Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom
Karawang -

Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto membangun pasar induk modern di Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Putera mantan Presiden Soeharto itu menggelontorkan investasi hingga ratusan miliar untuk membangun pasar seluas 12 hektare tersebut.

"Investasi di sini sampai ratusan miliar (rupiah) ya. Persisnya belum diketahui, masih proses penentuan. Yang jelas sampai ratusan (miliar)," kata Tommy kepada pers usai meletakkan batu pertama pembangunan pasar induk Berkarya, Rabu (11/3/2020).

Tommy menuturkan, pasar yang dinamakan Pasar Induk Modern Berkarya itu mengusung tema zero waste. Ia menjamin seluruh sampah di pasar tersebut akan diolah menjadi biogas untuk kebutuhan energi. "Jadi semua limbah organik akan dijadikan biogas sebagai bahan bakar kompor di warung atau restoran di kawasan ini," kata Tommy.


Adapun kebutuhan listrik, kata Tommy akan dipasok dari panel surya yang terpasang di atap bangunan pasar. "Supaya lebih hemat energi," ujar Ketua Umum Partai Berkarya itu.

Tommy mengungkapkan, pasar induk bakal memuat 4.264 kios. Ia mengklaim pasar dapat menyerap 14 ribu tenaga kerja asal Karawang. "Targetnya mudah-mudahan dibawah 18 bulan sudah bisa beroperasi. Targetnya sebelum lebaran tahun depan sudah beroperasi," tutur Tommy.

Sementara itu, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana berharap Pasar Induk Moderen Berkarya bisa membawa manfaat perekonomian warga Karawang. "Selain menyerap tenaga kerja, kami juga berharap pasar bisa mengakomodir banyak pedagang Karawang untuk berjualan di sini," tutur Cellica.

Bangun Terminal

Selain itu, Tommy bakal membangun terminal tipe B di Karawang, Jawa Barat. Ia menyisihkan 3 hektare lahan yang dikelola PT Mandalapratama Permai, perusahaan milik Keluarga Cendana. Saat orde baru berkuasa, di lahan itu pernah berdiri pabrik mobil Timor.

"Kami alokasikan tiga hektare untuk terminal tipe B. Letaknya tak jauh dari Pasar Induk Moderen Berkarya yang akan segera dibangun," kata Roestanto Wahidi Dirdjojuwono, Direktur Utama PT Mandalapratama Permai kepada wartawan, Rabu (11/3/2020).

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyatakan, menyambut baik rencana pembangunan terminal tersebut. Ia bahkan akan mengupayakan relokasi terminal lama di Cikampek. "Kita akan upayakan relokasi. Nanti kita urus izinnya. Relokasi harus seizin Pak Gubernur (Jabar)," kata Cellica usai peletakan batu pertama pembangunan pasar berkarya, Rabu (11/3/2020).

Kepada Tommy, Cellica berjanji bakal membantu mengurus perizinan terminal tersebut. Sebab, Cellica menilai, Karawang memang membutuhkan terminal yang representatif. "Masalah perizinan, saya janji karna ini memang membawa kemaslahatan buat orang banyak. Jadi saya senang sekali beliau membangun sesatu yang bermanfaat bagi warga kita," tutur Cellica.


Tommy menuturkan, terminal akan terletak tepat di seberang Pasar Induk Moderen Berkarya. Untuk menghindari kemacetan, Tommy juga bakal memperluas jalan di sekitar pasar tersebut. "Jalan juga akan dibangun jadi empat jalur supaya leluasa," kata Tommy.

Selain membangun pasar induk dan terminal, Tommy juga menjanjikan akan membangun rumah kost dan rusunawa untuk pedagang dan pekerja di terminal tersebut. "Jadi para pedagang tak perlu repot cari tempat tinggal yang jauh di sini," ungkap Tommy.



Simak Video "Tommy Soeharto Hentikan Munaslub Partai Berkarya Karena Dianggap Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)