Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Mar 2020 19:48 WIB

Kemenkop Siapkan Paket Stimulus Jaga Daya Beli di Tengah Corona

Yudistira Imandiar - detikFinance
Menkop UKM Teten Masduki Foto: dok Kemenkop
Jakarta -

Pemerintah mengambil langkah antisipasi untuk tetap mempertahankan daya beli masyarakat di tengah mewabahnya covid-19 di Tanah Air. Upaya itu adalah dengan menyiapkan paket stimulus market.

"Kami lagi menyiapkan satu stimulus untuk menggerakan UMKM, tapi lagi dibahas sama Menteri Keuangan," ungkap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangan tertulis, Rabu (11/3/2020).

Teten mengatakan, geger wabah virus Covid-19 sedikit menghambat laju produk impor. Momentum tersebut dapat dimanfaatkan UMKM untuk menyuplai pengganti produk-produk impor.

Namun, kesempatan tersebut perlu didukung dengan daya beli masyarakat yang stabil. Dengan begitu minat terhadap produk-produk UMKM bisa terangkat.

"Kalau produknya tidak ada yang beli, meski digelontorkan pembiayaan (UKM) juga akan mati. Justru yang kita gairahkan misalnya yang tadinya ekspor disubtitusi oleh belanja di dalam negeri," papar Teten.

Sementara itu, untuk memperkenalkan produk UKM kepada masyarakat, ajang pameran seperti Indocraft 2020 dapat dijadikan panggung. Pagelaran tersebut diramaikan ragam produk-produk kreatif dalam negeri.

"Kita tahu bahwa kita punya produk yang unggul, kita punya pengrajin yang luar biasa dan di tengah situasi wabah virus corona masih tetap terselenggara, ini luar biasa dan pemerintah berharap kegiatan-seperti seperti ini terus diadakan," ucap Teten yang hadir dalam pembukaan Indocraft 2020.

Sebagai pameran Business-to-Customer (B2C) di sektor ekonomi kreatif, Indocraft 2020 menjadi ajang promosi efektif bagi para pelaku UKM mandiri dan binaan guna menampilkan dan memasarkan langsung ragam produk andalan terbaru mereka.

"Saya menyambut gembira dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini sebagai wadah interaksi antar pelaku usaha kerajinan Indonesia," papar Teten.

Selain menjadi wadah eksibisi produk UKM, pameran yang berlangsung selama lima hari juga diisi kegiatan peragaan busana karya para designer yang mengangkat tema-tema pesona Nusantara, antara lain desain bernuansa Sambas Kalimantan Barat karya Savitri, corak Sulawesi Selatan buatan Wanti Eldrin , busana tenun pria khas NTB buatan Feri Kuncoro, dan Minangkabau Heritage karya Ida Leman.

Pameran Indocraft 2020 juga dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan presentasi oleh MNC, talkshow oleh Indonesia Ethnic Designer Community, workshop dan demo make up oleh Wardah serta Ethnic Millenial Model Award 2020.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com