Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Mar 2020 11:04 WIB

Harga Empon-empon Meroket, Jokowi Ngeluh Sulit Dicari

Danang Sugianto - detikFinance
Jokowi Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

Ramuan minuman tradisional empon-empon belakangan ini tenar lantaran dipercaya mampu menangkal virus corona. Banyak orang yang sudah menjajal khasiatnya, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi mengaku sering minum ramuan tradisional yang terdiri dari jahe merah, temulawak, kunyit, sereh itu setiap pagi. Tapi semenjak ada wabah virus corona, dia minum empon-empon 3 kali sehari.

"Saya kan tiap hari minum itu. Temulawak, jahe, sere, kunyit saya campur pagi saya minum pagi, pagi saja. Sekarang karena ada corona saya minumnya pagi, siang, malem," tuturnya saat membuka acara The 2nd Asian Agriculture & Food Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Namun Jokowi mengeluhkan, ketika empon-empon tenar harganya naik berkali-lipat, begitu juga dengan bahan bakunya. Jokowi juga mengeluhkan sulit mendapatkan empon-empon lagi.

"Empon-empon hati-hati sekarang ini. Harganya naik sampai 5 kali, 4 kali lipat. Jahe merah, temulawak, kunyit, baru naik ini sampe 3,4,5 kali lipat. Biasanya saya cari mudah," tuturnya.

Meski begitu Jokowi memahami kenaikan harga bahan empon-empon. Dirinya pun yang biasanya hanya minum 1 kali sehari menjadi 3 kali sehari demi menangkal virus corona.

"Sekarang karena ada corona saya minumnya pagi siang malam. Itu yang menyebabkan naik mungkin itu. Kan diminum ndak sekali toh, tiga kali," tutupnya.



Simak Video "WNA Pasien Corona yang Meninggal Sebelumnya Dirawat di RS Sanglah"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com