Jokowi Sebut Kualitas Durian RI Tak Mampu Penuhi Permintaan Tiongkok

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 12 Mar 2020 12:45 WIB
jokowi, jokowi berbicara, jokowi bertemu sby, sby bertemu jokowi, jokowi sby, sby jokowi
Foto: (Dok Biro Pers Setpres).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sering mendapatkan permintaan ekspor buah tropis dari negara lain. Beberapa buah yang sering menarik negara lain adalah manggis dan durian.

Untuk durian, menurut Jokowi permintaan paling besar datang dari Tiongkok. Tapi sayangnya kualitas durian Indonesia tak mampu memenuhi keinginan Tiongkok.

"Durian itu permintaan dari Tiongkok, bukan besar, besar sekali. Tapi kita nggak bisa supply dengan kualitas yang diinginkan mereka. Durian dari kita itu ada yang enak, ada yang nggak enak. Campur-campur," tuturnya saat membuka acara The 2nd Asian Agriculture & Food Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Jokowi sendiri mengaku pernah mengalami pengalaman yang mengecewakan saat membeli durian Indonesia. Dia pernah membeli durian yang harganya cukup mahal untuk diberikan kepada istrinya Iriana yang tengah berulang tahun. Tapi rasanya ternyata mengecewakan.

"Saya pernah beli durian mahal, harga mahal, barang saya lihat bagus, saya pakai untuk hadiah ulang tahun Bu Jokowi. Saya beli satu. Sampai di rumah dibuka nggak enak," ujarnya.

Menurutnya durian RI seharusnya bisa memiliki kualitas yang bagus secara merata. Asalkan ada pengelolaan yang dilakukan secara baik. Dia berharap para petani yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) bisa mewujudkan hal itu.

"Ini harus memang ada sebuah manajemen yang bagus dalam sebuah hektare yang luas. Tapi barang yang dibuka dari kebun harusnya enak-enak semuanya, karena memang ada manajemen pembibitan yang bagus, spesiesnya memang yang betul. Masa kita nggak bisa. Masa HKTI enggak bisa. Saya yakin bisa," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi soal Edhy Prabowo: Kita Hormati Proses Hukum di KPK"
[Gambas:Video 20detik]