Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Mar 2020 16:01 WIB

Begini Caranya Biar Barang Lokal Bisa Rajai e-Commerce

Soraya Novika - detikFinance
Booking Online Foto: Internet
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengungkapkan 70% produk dalam lapak e-commerce di Indonesia merupakan produk ekonomi kreatif (ekraf). Akan tetapi, di antara produk tersebut, hanya 10% dihasilkan oleh pengusaha lokal.

Lalu, bagaimana caranya agar produk lokal bisa merajai pasar e-commerce?

Menurut Pengamat Ekonomi Digital dari Indonesia ICT Institute Heru Sutadi satu-satunya jalan keluar dari permasalahan tersebut adalah ketegasan dari pemerintah. Pemerintah diminta tegas menegakkan aturan yang sudah ada atau bisa mengeluarkan regulasi baru yang lebih kuat daripada regulasi sebelumnya.

Sejauh ini, Indonesia sudah memiliki payung hukum yang memprioritaskan produk lokal. Akan tetapi, pelaksanaan aturan tersebut masih dirasa kurang sehingga komposisi produk lokal dalam pasar e-commerce masih kalah telak dengan produk impor. Payung hukum yang dimaksud ada Peraturan Pemerintah tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PP PMSE).

"Sekarang memang telah ada PP PMSE di mana ada perhatian untuk memajukan produk lokal, tapi penegakan aturannya harus tegas dan ada sanksi," ujar Heru kepada detikcom, Jumat (13/3/2020).


Pemerintah perlu menuangkan batasan-batasan terhadap produk impor secara jelas bahkan diminta tak sungkan menjatuhi sanksi kepada marketplace yang ada. Salah satunya seperti menutup sementara aplikasi dari marketplace yang tidak mematuhi aturan.

"Harus ada bagian khusus di marketplace untuk produk lokal, atau yang mengutamakan produk lokal, bisa juga diatur hari-hari tertentu khusus menjual produk lokal saja. Kalau tidak ada, ya kasih peringatan. Bahkan, jangan sungkan-sungkan ditutup sementara saja mereka sampai patuhi aturan," pungkasnya.



Simak Video "Petani Kini Bisa Jualan Hasil Buminya di Harbolnas"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com