Saran Sandiaga Uno Biar Ekonomi RI Kebal Corona

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 14 Mar 2020 09:40 WIB
Sandiaga Uno.
Foto: Sandiaga Uno. (Tsarina-detikcom)
Jakarta -

Pengusaha Sandiaga Uno memiliki beberapa saran untuk pemerintah dalam menjaga ekonomi nasional yang mulai terhimpit oleh virus corona. Saran yang utama adalah mengutamakan keselamatan masyarakat alias people first.

Dirinya mengacungi jempol untuk pemerintah yang sudah menerbitkan stimulus jilid kedua. Stimulus itu memberikan keringanan pajak untuk pekerja dan pelaku industri seluruh sektor industri manufaktur.

"Paket II baru diluncurkan, kita harus pastikan paket tersebut menyentuh kantong masyarakat, karena menjaga stabilitas konsumsi masyarakat uang itu harus segera di kantong masyarakat," kata Sandiaga di acara Opposition Leaders Economic Forum seperti dikutip, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Selain mengutamakan keselamatan masyarakat, Sandiaga menjelaskan konsep people first ini bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah ekonomi yang melemah. Pasalnya konsumsi masyarakat masih menjadi kontribusi terbesar bagi perekonomian nasional.

Upaya yang membuat masyarakat tetap berdaya beli tinggi adalah dengan menyediakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya, serta aksesnya dipermudah. Pasalnya wabah corona sudah pasti menggerus penerimaan negara.

"Masyarakat, manusia didahulukan jauh di atas kebijakan-kebijakan yang mempertahankan misalnya nilai investasi, atau neraca, mempertahankan interkoneksi, bursa saham dan sebagainya. Kita harus fokus di manusianya dulu," jelas Sandiaga.

Menurut Sandiaga membuat kantong masyarakat tetap tebal di tengah suatu masalah bukan pekerjaan yang mudah bagi pemerintah. Apalagi program prioritas pemerintah masih kepada percepatan pembangunan infrastruktur.

Mantan Wakil Gubernur DKi Jakarta ini pun menyarankan pemerintah berani mengambil kebijakan yang non populer. Misalnya mengurangi anggaran belanja dan dialihkan kepada masyarakat. Lalu mengimpor kebutuhan sehari-sehari demi menjaga stabilitas harga.

Oleh karena itu, dikatakan Sandiaga pemerintah bisa memberikan insentif langsung kepada masyarakat khususnya yang terdampak dan berdaya beli rendah. Kebijakan itu pun berlaku sama untuk UMKM yang selama ini berkontribusi besar pada ekonomi tanah air.

Selanjutnya, sektor keuangan juga memberikan pelonggaran kepada sektor UMKM seperti halnya insentif pajak.

"Saya menawarkan paket antivirus, Saya ingin kembali ke depan, people first, manusia didahulukan, dengan konsep deliverbility dari sebuah kebijakan (...) sekarang harus berani mengambil kebijakan yang non populer karena situasi politik tidak perlu bicara mengenai elektabilitas tapi deliverbilitas daripada kebijakan tersebut," ungkapnya.

Saran Sandiaga Uno Biar Ekonomi RI Kebal Corona


Simak Video "Sandiaga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI di Q3 Masih Minus"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)