Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 15 Mar 2020 22:00 WIB

Begini Jadwal MRT yang Berubah karena Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Demi mencegah menyebarnya virus corona, petugas melakukan disinfeksi menyeluruh di dalam ratangga MRT Jakarta di Lebak Bulus, Jakarta. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan kepada transportasi umum di Jakarta untuk membatasi pergerakannya. Salah satunya moda raya terpadu alias MRT.

Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan perubahan jadwal mulai Senin besok. Yang sedianya beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB, kini MRT cuma melayani perjalanan mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

"PT MRT Jakarta menetapkan perubahan jadwal layanan operasi MRT Jakarta mulai Senin, 16 Maret 2020. Waktu operasi yang semula dimulai dari pukul 05.00 - 24.00 WIB menjadi pukul 06.00 - 18.00 WIB. Headway keberangkatan antar kereta berubah dari setiap 5-10 menit, menjadi 20 menit," kata Kamaluddin lewat keterangan tertulis, Minggu (15/3/2020).

Rangkaian kereta MRT Jakarta pun dikurangi. Yang biasanya ada 16 rangkaian, menjadi 4 rangkaian yang diperbolehkan beroperasi.

Kamaluddin juga menganjurkan kepada seluruh penumpang untuk dapat menerapkan jarak sosial dalam beraktivitas sehari-hari, tak terkecuali pada saat menggunakan MRT Jakarta. Untuk itu pihaknya juga akan membatasi penumpang maskimal 60 orang per gerbong.

"Sesuai dengan Protokol Pemerintah dalam penanganan virus corona COVID-19, jarak yang disarankan adalah 1 meter antar orang. Dengan dianjurkannya penerapan jarak sosial, PT MRT Jakarta menetapkan maksimal 60 penumpang per kereta,"

Dia menjelaskan MRT Jakarta juga melakukan pencegahan penyebaran virus corona di setiap stasiun dan kereta. Pihaknya mengatakan sejauh ini pengecekan suhu tubuh dan pengadaan hand sanitizer tetap dilakukan.

Selain itu, dia mengimbau agar pengguna membawa alat ibadah sendiri. Karena mulai besok pihaknya meniadakan perlengkapan salat di setiap musala pada stasiun MRT.

"PT MRT Jakarta (Perseroda) tetap menjalankan protokol pencegahan virus corona COVID-19 seperti pengecekan suhu badan dan pengadaan hand sanitizer di setiap stasiun. Lalu, mulai Senin, 16 Maret 2020 seluruh perlengkapan salat, seperti mukena, sajadah, dan karpet musala di setiap stasiun ditiadakan," kata Kamal.



Simak Video "Pemerintah: Situasi Masih Belum Normal, Buat Paradigma Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com