Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Mar 2020 14:26 WIB

Sri Mulyani: Penanganan Corona Tidak Terhalang Anggaran

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penanganan virus corona atau Covid-19 tidak terhalang masalah anggaran. Sri Mulyani akan mengeluarkan pedomannya.

"Refocusing kegiatan dan belanja negara adalah untuk penanganan Covid tidak terhalang masalah anggaran," ujar Sri Mulyani dalam video conference, Rabu (18/3/2020).

Sri Mulyani menambahkan, kementerian dan lembaga (K/L) yang sementara waktu tidak melakukan perjalanan dinas dan rapat maka alokasi anggarannya bisa dialihkan. Pihaknya juga menerbitkan peraturan untuk pemerintah daerah dalam menanggulangi virus corona.

"Saya juga keluarkan PMK yang baru Nomor 19 PMK 7 Tahun 2020 Ini menyangkut Pemda, transfer keuangan dan dana desa, dana bagi hasil, alokasi umum dan insentif daerah 2020 akan untuk daerah bisa tanggulangi Covid ini. Dan kami bersama Mendagri terus berkomunikasi bapak Mendagri keluarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 untuk revisi realokasi APBD," tambahnya.

"Semua berikan kemampuan ke K/L dan daerah transfer lebih dari Rp 850 triliun, dan belanja semuanya diharapkan prioritas Covid ini jadi prioritas utama," lanjutnya.

Dana yang sudah dialokasikan di K/L dan tidak menjadi prioritas bisa dialihkan untuk pencegahan virus corona.

"Kementerian PUPR biasanya tender dan ada sisanya kementerian lain ada dan kegiatan yang dibatalkan. Anggaran ini digunakan untuk menangani Covid," ujarnya.



Simak Video "Nasib Omnibus Law Kini di Tangan DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com