Bicara Pertumbuhan Ekonomi, Luhut: Kita Berdoa 4% ke Atas

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 18 Mar 2020 22:20 WIB
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat realisasi pertumbuhan ekonomi secara kumulatif atau sampai September 2018 sebesar 5,17%.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: agung pambudhy
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kemungkinan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di bawah 5% di tengah wabah corona. Prediksi Luhut, ekonomi Indonesia akan tumbuh di kisaran 4%.

"Mungkin turun di bawah 5%, tapi kita masih bisa manage lah, kita berdoa di 4% ke atas," ungkap Luhut dalam video conference bersama wartawan, Rabu (18/3/2020).

Luhut menjelaskan Indonesia memiliki porsi konsumsi dalam negeri yang besar, dan kondisi itu menjadi nilai plus di tengah ketidakpastian ekonomi global. Oleh sebab itu pemerintah fokus membantu rakyat menengah ke bawah untuk menjaga daya beli.


"Sebenarnya kalau kita lihat, domestic consumption kita besar, itu yang membuat kita agak kuat, hampir 70%. Jadi kalau dipelihara dengan baik dengan bantuan rakyat-rakyat miskin langsung turun ke bawah, saya kira ekonomi kita nggak ada masalah," jelas Luhut.

Dia juga optimistis dengan kerja sama Bank Indonesia dan pemerintah. Bank Indonesia yang mengelola kebijakan moneter maupun Kementerian Keuangan yang mengelola kebijakan fiskal dikawal orang-orang baik.

"Di samping itu kita lihat juga bagaimana BI kelola moneter. (Kementerian) Keuangan kelola fiskal, mereka kan orang-orang baik semua. Saya confidence lihat ini," pungkas Luhut.



Simak Video "Jurus Mendag Agus Suparmanto Tangkal Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)