Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Mar 2020 10:14 WIB

Pelabuhan Tanjung Priok Tetap Operasi di Tengah Wabah Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
pelabuhan tanjung priok Foto: (Nfadils/d'Traveler)
Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC memastikan semua operasional dan pelayanan terutama pelayanan kapal barang akan terus berjalan. Hal ini menyusul adanya pertanyaan dari mitra pemilik barang maupun pemilik kapal luar negeri karena adanya virus corona.

"Saat ini mulai muncul pertanyaan dari mitra pemilik barang maupun pemilik kapal di luar negeri, perihal kemungkinan terhentinya layanan kepelabuhanan menyusul wabah corona di Indonesia. Menyikapi hal ini, kami memberikan jaminan bahwa pelabuhan, terutama terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok akan terus beroperasi," kata Direktur Transformasi IPC Ogi Rulino, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/3/2020).

Menyikapi kemungkinan pemberlakuan karantina total (lockdown) yang kini ramai diperbincangkan banyak pihak, sejauh ini IPC belum punya rencana lain, selain tetap beroperasi. Dengan tetap beroperasi, pelabuhan mendukung ketersediaan barang-barang kebutuhan masyarakat, baik dari luar pulau maupun luar negeri.


"Kami akan terus beroperasi. Kecuali ada permintaan khusus dari pemerintah bahwa semua operasional dan kegiatan di pelabuhan harus dihentikan," ujarnya.

Dia menjelaskan, pelabuhan seperti Pelabuhan Tanjung Priok memiliki karakteristik yang agak berbeda dengan pelayanan moda transportasi lainnya. Pelayanan yang dominan di Pelabuhan Tanjung Priok adalah barang, baik kontainer maupun non kontainer.

"Kalau di terminal bus, stasiun kereta maupun bandara, obyek layanan utamanya adalah manusia (penumpang), yang punya risiko besar terjadi penularan. Namun di Pelabuhan Tanjung Priok, obyek utamanya adalah barang, baik peti kemas maupun non peti kemas. Layanan penumpang di terminal penumpang sangat sedikit dibandingkan dengan pelayanan barang," jelasnya.

Pelabuhan Tanjung Priok Tetap Operasi di Tengah Wabah Corona


Simak Video "Dampak Pandemi Corona, Pemuda di Polman Jadikan Ajang Saling Bantu"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com