Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Mar 2020 10:30 WIB

Rugi Imbas Corona, Pengusaha Ramai-ramai Minta Bantuan ke Trump

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi kasus corona di AS akan berakhir pada bulan Juli. Kok bisa? Presiden AS Donald Trump/Foto: AP Photo
Jakarta -

Beberapa sektor usaha di Amerika Serikat (AS) merugi akibat pandemi virus corona. Para pengusaha pun mulai meminta bantuan dana talangan kepada pemerintah hingga miliaran dolar AS.

Pengusaha restoran AS meminta dana talangan langsung sebesar US$ 325 miliar atau berkisar Rp 4.550 triliun (kurs Rp 14.000) kepada Presiden Donald Trump. Ini adalah jumlah terbesar yang diminta pengusaha di antara sektor usaha lainnya.

Melalui surat kepada Trump, Asosiasi Restoran Nasional AS mengatakan bantuan diperlukan untuk mendukung kelanjutan usaha mereka. Pasalnya, ada sekitar 15,6 juta pekerja yang bergantung pada sektor ini.

"Kami sedang merevisi model bisnis kami untuk menyediakan makanan dengan cara yang berbeda seperti makanan yang dikirimkan. Tetapi kami menghadapi hambatan ekonomi yang akan membuat banyak restoran menutup operasi, memberhentikan pekerja, dan mengakhiri layanan," ujar pengusaha lewat suratnya kepada Trump dikutip dari CNN, Kamis (19/3/2020).

Inti dari permintaan pemilik restoran adalah US$ 145 miliar sebagai dana pemulihan restoran dan industri jasa makanan. Dana ini juga akan digunakan untuk pengusaha membayar karyawan dan mempertahankan operasi serta layanan restoran. Serta untuk membayar segala jenis kewajiban keuangan.

Pengusaha restoran juga meminta US$ 100 miliar untuk membuat asuransi gangguan bisnis yang didukung pemerintah federal, karena banyak kebijakan asuransi swasta yang tidak mengklaim kerugian karena penutupan restoran.

Sedangkan US$ 35 miliar lainnya akan digunakan untuk hibah blok komunitas yang biasanya digunakan untuk bisnis di daerah yang dilanda bencana alam. Lalu US$ 45 miliar akan digunakan sebagai pinjaman federal.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com