Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Mar 2020 12:00 WIB

Soal Suplai Pangan, Jokowi: Stok Kita Lebih dari Cukup

Danang Sugianto - detikFinance
Masih ada sekitar 9 juta jiwa di Indonesia yang berada di garis kemiskinan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan angka kemiskinan ekstrem hilang di tahun 2024. Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta -

Kebutuhan pokok menjadi hal yang krusial saat wabah virus corona semakin merebak di Indonesia. Banyak masyarakat yang memborong kebutuhan pokok hingga muncul kekhawatiran baru yakni kekurangan pasokan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya untuk memasyikan ketersediaan pasokan dan menjaga stabilitas harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat.

Jokowi kemarin bahkan sempat blusukan secara tiba-tiba ke gudang Bulog, untuk melihat sendiri pasokan yang ada. Dia memastikan bahwa pasokan masih aman.

"Saya kemarin sudah cek di Bulog, saya melihat stok kita lebih dari cukup," ujarnya saat membuka rapat terbatas melalui video conference, Kamis (19/3/2020).

Jokowi juga menegaskan bulan ini banyak daerah yang sudah mulai panen raya. Masa panen raya juga akan berlangsung hingga April 2020.

"April juga masih ada panen raya sehingga penyerapan oleh bulog juga agar diatur," tambahnya.

Jokowi juga meminta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan menteri terkait untuk segera menjalankan kebijakan insentif ekonomi untuk dunia usaha, terutama bagi pelaku UMKM yang terkena dampak ekonomi dari penyebaran COVID-19.

"Walaupun ada kebijakan pengurangan interaksi saya minta pelaku usaha, pelaku UMKM bisa memaksimalkan penggunaan pelayanan secara online," tutupnya.

Soal Suplai Pangan, Jokowi: Stok Kita Lebih dari Cukup


Simak Video "Keluhan Jokowi Soal Pengelola Cadangan Beras Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com