Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Mar 2020 17:19 WIB

Bela 49 TKA China di Kendari, Luhut: Tidak Ada yang Dilanggar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berdialog dengan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta, Rabu (14/12/2016). Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invetasi Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal 49 tenaga kerja asing (TKA) dari China di Kendari, Sulawesi Tenggara. Dia menegaskan puluhan orang ini merupakan warga negara asing (WNA) yang legal masuk Indonesia.

Menurutnya, banyak informasi yang kurang benar soal 49 orang ini. Luhut membeberkan bahwa 49 TKA China tersebut secara legal memiliki visa 211-A yang keluar pada tanggal 4 Januari 2020. Tepatnya sebelum pemerintah menutup WNA China ke Indonesia.

"Ya tadi baru rapat mengenai ini jangan besar besarkan dulu kita luruskan secara proporsional, jadi 49 TKA itu dapat visa 211-A pada tanggal 4 Januari. Jauh sebelum ada larangan Tiongkok datang ke Indonesia, jadi tidak ada yang dilanggar," kata Luhut saat melakukan video conference dengan wartawan, Rabu (18/3/2020).

Sebelumya, rombongan TKA China ini viral disebut positif virus corona masuk ke Indonesia. Sebanyak 49 orang ini datang dari Thailand. Mereka awalnya terbang dari China ke Thailand, dikarantina, lalu terbang ke Jakarta.

Sebanyak 49 TKA China itu berasal dari wilayah Henan. Pada 29 Februari, mereka tiba di Thailand. Mereka dikarantina di Negeri Gajah Putih hingga 15 Maret 2020, lalu mendapat sertifikat sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Luhut: Laju Penyebaran Covid-19 Menurun 7 Hari Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com