Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Mar 2020 11:10 WIB

Tips Tahan Godaan Belanja Online Saat Kerja di Rumah

Aulia Damayanti - detikFinance
Work from home Foto: iStock
Jakarta -

Jika Anda salah satu dari ribuan orang yang diminta bekerja di rumah di tengah pandemi corona ini, dan terlalu banyak waktu dihabiskan di depan laptop, mungkin Anda akan sering tergoda untuk berkunjung ke toko belanja online saat merasa bosan.

Namun, kondisi ini bukan waktu yang tepat untuk menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Melansir dari CNBC, Jumat (20/3/2020) jika Anda tetap tergoda untuk berbelanja online, lebih baik pikir-pikir lagi sambil baca tips ini demi mengindari pengeluaran yang berlebih saat bekerja di rumah (work from home).

Jangan Sering-sering Masuk Toko Online

Pakar belanja RetailMeNot Sara Skirboll mengatakan setiap kali Anda merasa bosan dan langsung beralih menjelajahi toko online lebih baik tetapkan waktu berapa kali dalam seminggu untuk mengunjungi toko online.

"Ini tidak hanya akan membantu mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, itu akan membuat Anda tetap bertugas selama hari kerja," kata Skirboll kepada CNBC.

Tunggu 24 jam Sebelum Bayar

Toko online biasanya memberikan waktu lebih dari 24 jam untuk konsumen mengklik tombol check out. Maka,manfaatkan waktu 24 jam untuk memikirkan pembelian.

Selanjutnya, bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menghindari pembelian impulsif: bagaimana barang ini berharga dan bernilai lebih untuk kebutuhan Anda? Apakah ini sebenarnya bagus? Apakah Anda benar-benar membutuhkannya?

Riset Lagi Sebelum Bayar

Sebelum Anda menentukan pilihan untuk membeli suatu barang, baiknya lihat dulu harga di beberapa situs toko online lainnya.

"Periksa toko lain dan pastikan Anda mendapatkan penawaran harga yang lebih baik dari pada tawaran harga yang pertama Anda lihat," jelas Skirboll.

Hal ini wajib dilakukan oleh konsumen sebelum menentukan pembelian. Karena di industri jual beli ini bisa saja di waktu dan toko tertentu harga bisa lebih murah untuk menekan pengeluaran selama bekerja di rumah.



Simak Video "Tips Work From Home Tetap Menyenangkan Versi Cowok"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com