Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Mar 2020 15:53 WIB

BUMN Transportasi Diimbau Waspada Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Gedung Kementerian BUMN Gedung Kementerian BUMN/Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta -

Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza meminta semua BUMN yang menjadi oprator transportasi publik menjalankan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memerangi penyebaran virus Corona. Dia mengatakan virus ini makin mengkhawatirkan penyebarannya.

Untuk itu BUMN sektor transportasi harus menjadi garis depan dalam menekan penyebaran virus ini.

"Penyebaran COVID-19 sudah semakin mengkhawatirkan, maka semua BUMN sektor transportasi harus disiplin menjalankan perintah presiden untuk bersama-sama melawan penyebaran virus Corona," ujar Faisol lewat keterangannya, Jumat (20/3/2020).

Faisol menegaskan, mulai dari KAI, Angkasa Pura, ASDP, Garuda Indonesia, hingga Pelindo, harus sudah punya standar dan prosedur bagaimana mencegah penularan corona dalam melayani penumpang.


Meski begitu, dia mengingatkan jangan sampai layanan kepada masyarakat juga ikut menurun.

"Melawan virus Corona tentunya sebisa mungkin tanpa mengurangi pelayanan terbaik kepada masyarakat atau penumpang pada moda transportasi di masing-masing BUMN," tegas Riza.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluarkan setidaknya tujuh instruksi dalam menangani corona kepada jajaran Kabinet dalam Ratas yang digelar melalui video conference di Istana Merdeka. Salah satu intruksi tersebut adalah social distancing.

Untuk itu Riza mengingatkan agar hal ini juga harus diterapkan mulai dari bandara, pelabuhan, stasiun, hingga terminal bus.

"Sebagaimana instruksi presiden, social distancing harus diperketat, baik di bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, stasiun bus dan lainnya," ujar Faisol.



Simak Video "Erick Thohir Pede RS BUMN Bisa Tampung 10.000 Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com