Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Mar 2020 17:30 WIB

Terimbas Corona, Bali hingga Manado Dapat Kartu Pra Kerja Duluan

Trio Hamdani - detikFinance
Capres Jokowi saat memamerkan KIP Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pemerintah hari ini resmi meluncurkan program Kartu Pra Kerja. Tahap awal akan dimulai dari Bali, Manado, dan Kepulauan Riau. Hal itu diputuskan karena ketiga wilayah tersebut paling terdampak wabah virus corona (COVID-19).

"Implementasi Kartu Pra Kerja ini akan dimulai di tiga lokasi terdampak, Bali, Manado, Kepulauan Riau," kata Staf Ahli Kemenko Perekonomian Raden Edi Prio Pambudi dalam telekonferensi yang digelar HIPMI melalui YouTube, Jumat (20/3/2020).

Nantinya program tersebut akan dilanjutkan ke wilayah lain, yaitu Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

"Langsung dilanjutkan di Jakarta, Surabaya dan Bandung. Kartu Pra Kerja juga dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja, pekerja atau pekeja yang kena PHK," jelasnya.

Saat ini pemerintah akan memfokuskan Kartu Pra Kerja bagi pekerja yang kena PHK imbas Covid-19, yaitu buruh di sektor pariwisata dan sektor pengolahan atau manufaktur.

"Dan saat ini juga pemerintah lebih memfokuskan pemanfaatan Kartu Pra Kerja oleh pekerja yang terkena PHK, terutama di sektor pariwisata dan penunjangnya, serta industri pengolahan," tambahnya.

Namun perlu diketahui, masyarakat yang ingin mendaftar program Kartu Pra Kerja baru bisa dilaksanakan pada awal April 2020.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan tahap awal pemerintah akan melakukan sosialisasi situs www.prakerja.go.id kepada seluruh masyarakat.

"Kartu Pra Kerja ini tahap awalnya akan dilakukan untuk sosialisasi ke masyarakat dan 2 minggu dari sekarang, ini kami harapkan sudah bisa masyarakat memilih dan mempelajari sehingga bisa memutuskan akan ikut pelatihan di mana. Dua minggu dari sekarang pendaftaran dibuka," kata Airlangga di kantornya, Jakarta, Jumat (20/3/2020).



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja yang Terdampak Corona Diprioritaskan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com