Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Mar 2020 08:02 WIB

Malaysia Bisa Lockdown, Kok Indonesia Nggak?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Pembangunan gedung bertingkat di Jakarta tak pernah henti. Namun hal itu berbanding terbalik dengan keberadaan ruang terbuka hijau yang minim di ibu kota. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sejumlah negara telah mengambil kebijakan lockdown untuk menangkal wabah virus corona. Salah satu yang telah menerapkan lockdown ialah negara tetangga, Malaysia. Namun, Indonesia tak menerapkan kebijakan tersebut.

Deputy Director Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai, pemerintah tak mengambil kebijakan itu menimbang aspek ekonomi. Menurutnya, dengan adanya virus corona, ekonomi Indonesia pasti melambat. Tapi, kata dia, pemerintah berupaya menjaga agar penurunannya tidak tajam.

"Saya rasa pertimbangan utama pemerintah aspek ekonomi dalam konteks saat ini kan kalau turun ekonominya pasti turun, mungkin yang mau dijaga kemampuan masyarakat untuk tetap bisa mengkonsumsi dengan normal, secara walaupun mulai dibatasi akses transportasi publik, mulai diterapkan sosial distancing, jaga jarak," kata dia kepada detikcom, Minggu kemarin (22/3/2020).

Menurutnya, pemerintah meyakini langkah yang ditempuh mampu menghalau corona. Sehingga, kebijakan lockdown belum ditempuh.

"Pemerintah mungkin confident dengan upaya di luar lockdown. Sehingga kemudian dia mencoba dulu skenario di luar lockdown," ungkapnya.

Namun begitu, dia juga menilai, lockdown jadi opsi pemerintah. Sebab, pemerintah sempat memantau pasokan pangan di tengah geger corona.


"Walaupun berbagai kesempatan sebenarnya pemerintah menimbang-nimbang juga, inspeksi ke Bulog, kesiapan-kesiapan lain. Sepertinya, opsinya memang belum ke arah situ sejauh ini, karena melihat kapasitas mungkin pemerintah punya hitungan sendiri," ujarnya.

Apa sih efeknya kalau memang ada lockdown?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hari Pertama Lockdown, Begini Penampakan di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com