Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Mar 2020 09:28 WIB

Lawan Corona, Orang Terkaya China Kirim Jutaan Alat Medis ke Afrika

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jack Ma Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta -

Taipan dari China Jack Ma, kembali menggelontorkan uangnya untuk memerangi virus corona. Kali ini dia memberikan segudang paket alat medis dan kesehatan ke benua Afrika, jumlah kasus virus corona memang meningkat di Afrika.

Mengutip laporan abcNews, Senin (23/3/2020), sebuah penerbangan kargo Ethiopian Airlines yang berisi lebih dari 6 jutaan paket alat medis tiba hari Minggu di ibukota Ethiopia, Addis Ababa. Jutaan paket dari Guangzhou, China ini, akan didistribusikan ke seluruh Afrika.

Secara rinci salah satu orang terkaya China itu memberikan 5,4 juta masker, 1 juta test kit corona, 40 ribu set pakaian pelindung dan 60 ribu pelindung wajah. Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed pekan lalu berjanji untuk mendistribusikan pasokan ke negara-negara lain di Afrika.

Jack Ma sendiri telah mengirimkan pasokan medis semacam ini ke berbagai negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Latin.

Sebagai informasi, virus corona relatif lambat mencapai benua Afrika. Meski begitu, virus telah menyebar ke 43 dari 54 negara di Afrika. Setidaknya, telah tercatat lebih dari 1.100 orang yang terbukti positif corona di sana.

Ambil langkah cepat, banyak otoritas negara di Afrika mulai memberlakukan pembatasan aktivitas publik. Bahkan, Ethiopian Airlines dan South African Airways yang menjadi dua maskapai terbesar di Afrika pun telah mengumumkan pembatalan penerbangan internasional.

Beberapa pembatasan telah dilakukan oleh pemerintah Mozambik. Negara yang baru saja mengkonfirmasi kasus pertamanya ini langsung membatalkan semua visa. Mereka juga menutup sekolah, dan melarang pertemuan lebih dari 50 orang.


Setelah itu, Kenya mengumumkan pembatasan aktivitas publik juga setelah ditemukan ada delapan kasus baru, sehingga totalnya menjadi 15 orang yang positif corona di negara tersebut. Otoritas setempat menutup semua bar dan restoran dan menghentikan semua layanan di gereja-gereja dan masjid.

Kenya juga menangguhkan semua penerbangan penumpang internasional. Mereka juga menutup pos perbatasan ke Uganda untuk seluruh masyarakat, kecuali untuk pengangkutan kargo.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jack Ma Bicara Soal Kunci Sukses Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com