Doa Jokowi: Semoga Wisma Atlet Tak Digunakan buat Corona

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 23 Mar 2020 10:24 WIB
Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). Pemerintah menyiapkan 2.500 kamar tidur di tower enam dan tujuh Wisma Atlet yang digunakan sebagai RS Darurat Covid-19 untuk penanganan pasien Covid-19. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini mengunjungi Wisma Atlet yang sudah dipersiapkan sebagai rumah sakit (RS) darurat corona. Sore ini Wisma Atlet siap menerima pasien yang datang.

Jokowi memastikan seluruh ruangan dan fasilitasnya sudah siap digunakan. Namun dia berharap agar Wisma Atlet tidak digunakan. Artinya dia berharap wabah virus corona tidak semakin besar dan hanya cukup ditangani oleh RS yang telah menjadi rujukan.

"Sehingga kita harapkan nanti sore, RS darurat untuk corona ini telah bisa dipakai. Tapi saya berharap RS darurat corona ini tidak digunakan (untuk corona). Artinya RS yang ada, yang telah kita siapkan jauh hari sebelumnya telah bisa melaksanakan penangan virus corona ini," tuturnya di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/2/2020).

Jokowi telah mengecek setiap lantai Wisma Atlet. Saat melakukan peninjauan Jokowi ditemani oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Jokowi menerangkan Wisma Atlet memiliki kapasitas total untuk menampung 24 ribu orang. Saat ini yang sudah disiapkan untuk penanganan pasien COVID-19 sebanyak 3 ribu pasien.

"Wilayah ruangan yang telah ditata dengan manajemen yang baik, baik untuk pasien, untuk dokter, untuk paramedis semuanya ditempatkan dengan manajemen ruang yang berbeda. Sarana dan prasarana telah siap baik untuk ruang penanganan pasien, ventilator, APD juga siap," tuturnya.



Simak Video "Status Lockdown RSDC Wisma Atlet Resmi Berakhir!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)