Jokowi: Negara-negara Rebutan APD, Kita Dapat 105 Ribu

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 23 Mar 2020 11:02 WIB
Jumlah total kasus virus Corona atau Covid-19 di Korsel telah mencapai 7.513 kasus. Korsel pun terus berperang melawan Corona karena jumlah pasien terus bertambah.
Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ada sebanyak 105 ribu alat pelindung diri (APD) yang telah tiba di Indonesia. APD itu akan disebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Jokowi mengakui APD saat ini memang menjadi keluhan banyak pihak terutama rumah sakit (RS). Menurutnya hal itu wajar sebab, seluruh dunia saat ini tengah berebut APD.

"Masih banyak keluhan mengenai yang berkaitan dengan kelangkaan APD. Perlu saya sampaikan bahwa sekarang ini 180 negara kurang lebih semuanya berebutan untuk mendapatkan baik itu APD, baik itu masker, baik itu sanitizer semuanya," ujarnya saat mengunjungi Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/2/2020).

Meski begitu Indonesia cukup beruntung. Jokowi mengatakan pada Sabtu (21/3/2020) telah tiba di Indonesia sebanyak 105 APD.

"Kita alhamdulillah pada hari Sabtu kemarin kita telah siap lagi 105 ribu APD yang ini pada hari ini akan didistribusikan ke seluruh RS yang ada di tanah air," tuturnya.

Dari seluruh APD yang ada itu akan disebar yang terdiri dari 45 ribu unit akan di distribusikan di DKI Jakarta, Bogor dan Banten. Lalu 40 ribu akan disebar untuk Jabar, Jateng, Jatim, Yogyakarta dan Bali.

Kemudian 10 ribu APD akan disebar ke seluruh provinsi di luar wilayah yang telah disebutkan sebelumnya. Sisanya sekitar 10 ribu APD sebagai cadangan.



Simak Video "Alasan Garuda Tak Berlakukan Baju APD untuk Pramugari"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)