Perhatian! Tak Ada Mudik Gratis Tahun Ini

acd - detikFinance
Senin, 23 Mar 2020 11:55 WIB
Kementerian Perhubungan kembali akan menggelar mudik gratis. Pendaftaran mudik gratis tersebut dibuka hari ini, Senin (16/5) di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, mudik gratis yang rutin digelar tiap tahun dibatalkan untuk tahun ini. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona ke daerah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, tidak hanya mudik gratis dari Kemenhub, mudik gratis dari BUMN juga dibatalkan.

"Mudik gratis semuanya, dari kementerian, BUMN maupun swasta kita batalkan semua. Karena kondisi darurat corona sampai dengan bulan Mei," katanya kepada detikcom, Senin (23/3/2020).

Budi menuturkan, kemungkinan pemerintah akan mengumumkan permintaan tidak mudik pada hari ini.

"Hari ini mungkin akan dikeluarkan pernyataan untuk masyarakat tidak mudik selama Lebaran," katanya.

Lanjut Budi, pihaknya juga sudah memberikan sosialisasi ke masyarakat untuk sementara tidak mudik. Langkah itu dilakukan agar virus corona tak menyebar ke daerah.

"Dan kita sudah mulai memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui meme yang kita kirim melalui media ke masyarakat untuk tidak mudik," katanya.



Simak Video "Survei Kemenhub: 60% Pemudik Nataru Gunakan Transportasi Darat"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/fdl)