Beda Kebijakan Kemendag & Kementan Soal Impor Bawang

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 27 Mar 2020 07:35 WIB
Harga Jahe Merah hingga Bawang Bombai Digoyang Coronaq
Foto: Anisa Indraini

"Dalam ayat (2) pasal 88 dari UU tersebut ditetapkan, impor produk hortikultura dapat dilakukan setelah mendapat izin dari menteri yang bertanggung jawab di bidang perdagangan, dan setelah mendapat rekomendasi dari Menteri yang tugas dan tanggung jawabnya di bidang hortikultura. Dalam UU Nomor 13 tahun 2010 tersebut, hanya mengatur secara prosedural pemberian izin impor produk hortikultura dengan rekomendasi, namun tidak menetapkan daftar jenis produk hortikultura yang memerlukan rekomendasi dimaksud," tegas Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana dalam keterangan resminya yang dikutip Kamis, (26/3/2020).

Wisnu menguraikan, daftar jenis produk yang memerlukan rekomendasi, sebagaimana pada pasal 88 ayat (5) diatur lebih lanjut melalui Peraturan Menteri yang tugas dan tanggung jawabnya di bidang hortikultura. Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) nomor 39 tahun 2019.

Meski bawang putih dan bombai tercantum dalam Permentan tersebut, namun menurut Wisnu dengan diterbitkannya Permendag 27 tahun 2020 maka kedua komoditas tersebut memperoleh pengecualian atas pengajuan RIPH.

"Seperti halnya contoh buah kiwi, plum, leci, pir dan almond yang selama ini tidak tercantum dalam lampiran Permentan nomor 39 tahun 2019 tidak memerlukan izin impor dan rekomendasi. Dengan demikian bawang putih dan bawang bombai bisa dikategorikan sama perlakuannya dengan produk-produk tersebut," jelas Wisnu.


Bahkan, menurut Wisnu, Kepala Badan Karantina Kementan Ali Jamil telah sepakat untuk tak lagi mempersyaratkan RIPH ketika bawang putih dan bombai masuk wilayah Indonesia selama pembebasan ini berlaku, yakni sampai 31 Mei 2020.

"Dalam rapat koordinasi teknis kebijakan hortikultura pada 24 Maret 2020, Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian mengatakan, prosedur karantina untuk produk impor bawang putih dan bawang bombai yang dilakukan dalam rangka keamanan pangan, tanpa mempersyaratkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk pemasukan barang," pungkas Wisnu.

Halaman


Simak Video "Kemenkes Sebut Ganja Masih Golongan Narkotika 1"
[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)