Pasar Tanah Abang Ditutup Sebagian, Bagaimana Pasar Lain?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 27 Mar 2020 11:52 WIB
Para pedagang beraktifitas di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Menurut sejumlah pedagang, terjadi penurunan jumlah pembeli secara signifikan sejak Senin lalu. Sepinya Pasar Tanah Abang karena himbauan berdiam di rumah untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Sebagian Pasar Tanah Abang di Blok A, Blok B dan Blok F ditutup sementara mulai hari ini. Hanya Blok G saja yang masih tetap buka untuk melayani pembelian bahan pangan.

Walaupun disinyalir dapat menekan angka penyebaran virus corona di ruang publik, sebagai pengelola pasar tradisional di Jakarta Perumda Pasar Jaya tidak akan menutup semua pasar yang dikelolanya.

"Tidak (akan menutup pasar yang lain)," kata Direktur Utama Arief Nasrudin kepada detikcom, Jumat (27/3/2020).

Pihaknya tidak ingin memutus ekonomi dengan menutup semua pasar. Sementara penutupan sebagian Pasar Tanah Abang dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) karena sudah ada yang dinyatakan suspect.

"Pasar tanah abang yang di luar pasar kami sudah ada yang terkena suspect dan para pedagangnya meminta untuk dipertimbangkan tutup demi keselamatan. Prinsipnya kita lebih banyak antisipasi COVID-19 daripada ingin menutup pasar karena ekonominya. Mohon doanya dan dukungannya," jelasnya.

Manajer Bidang Umum dan Humas PD Pasar Jaya, Gatra Vaganza menambahkan saat ini belum ada rencana penutupan lagi di 152 pasar lain yang dikelolanya selain Tanah Abang. Jika pun ada, masyarakat bisa melihatnya melalui media sosial @perumdapasarjaya.

"Belum ada rencana untuk pasar lain, jika ada pasti akan kami update di sosmed kami dan kami akan info," sebutnya.



Simak Video "Belum Waktunya Buka, Pedagang Pasar Tanah Abang Ditertibkan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)