Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Mar 2020 10:02 WIB

Ada 800.000 Masker Dibagi Gratis untuk Tenaga Medis

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom) Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Seiring dengan mewabahnya virus corona di Indonesia, korban yang tertular pun makin banyak. Alat medis mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), masker, sarung tangan dan hand sanitizer sangat dibutuhkan para petugas medis yang menangani pasien corona.

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) berkomitmen untuk membantu penyediaan alat-alat tersebut. Mereka telah menyalurkan lebih dari 800.000 masker, 2000 APD, dan 3000 botol hand sanitizer.

"INTI fokus menyiapkan barang-barang tersebut untuk disalurkan kepada mereka-mereka yang sangat membutuhkan," kata Jubir Perhimpunan Inti Lexyndo Hakim, lewat keterangan tertulis, dikutip Minggu (29/3/2020).

Lexyndo juga mengatakan pihaknya sedang melakukan pemesanan bilik disinfektan. Ratusan bilik yang dipesan akan diserahkan ke beberapa pemerintah daerah, maupun institusi dan lembaga untuk bisa digunakan.

Dia pun mengatakan pihaknya sudah melakukan pembelian alat-alat medis ini baik di dalam dan luar negeri. Khusus pembelian dari luar negeri, seluruh barang-barang masih dalam persiapan pengiriman ke Indonesia.

"Begitu tiba di Sekretariat INTI, kami akan mengusahakan dapat langsung disalurkan ke cabang-cabang INTI di Daerah, untuk diberikan ke pihak-pihak yang sangat membutuhkan," ujar Lexyndo.

Saat ini pihaknya sedang fokus untuk memberiksn bantuan kepada rumah sakit dan insitusi maupun lembaga yang butuh alat kesehatan dk Jabodetabek. Pasalnya, alat-alat medis yang terkumpul masih terbatas jumlahnya.

"Selain bantuan-bantuan berupa barang medis tersebut, INTI juga menyiapkan nasi kotak untuk dibagikan ke RS-RS rujukan, dan termasuk Wisma Atlet untuk teman-teman dokter dan tenaga medis yang sedang menjalankan tugasnya," kata Lexyndo.

"Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan-lingkungan tertentu, sampai dengan membuat Wastafel cuci tangan di komplek perumahan di Jakarta," pungkasnya.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com