Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Mar 2020 14:00 WIB

Kasihan, Karyawan Katering Dirumahkan Imbas Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Dampak Corona ke Ekonomi Foto: Dampak Corona ke Ekonomi (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Dewan Penasehat Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Diana Dewi mengungkapkan bahwa karyawan katering mulai dirumahkan imbas ditundanya pernikahan atau resepsi pernikahan.

Dia menjelaskan pernikahan atau resepsi pernikahan ditunda imbas pandemi virus corona (Covid-19) yang makin banyak menelan korban. Saat ini sudah tidak ada order sama sekali.

"Sangat luar biasa. Kita bisnis katering itu sudah turun (orderan). Kalau untuk yang pesta pernikahan sudah 100%. Tidak ada order, semuanya dibatalkan pernikahan," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (29/3/2020).

Karyawan yang dipulangkan khususnya yang bekerja di bisnis katering level UKM. Mereka memang biasa digaji harian yang dipekerjakan hanya ketika ada order.

"Kan berdampaknya bagaimana karyawannya bisa berlangsung, karena mereka kan sebenarnya banyakan UKM ya. Jadi memulangkan karyawan-karyawan akhirnya. Karena kan karyawan-karyawan itu memang sudah terbiasa mereka juga mendapat gajinya kayak outsourcing ya, harian gitu," jelasnya.

Mau tidak mau hal semacam itu dilakukan karena memang sudah tidak ada lagi pelanggan yang memesan jasa katering untuk event atau kegiatan seperti pernikahan.

"Memang sudah nggak ada customernya lagi ya. Semuanya ditunda sih," tambahnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com