Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Mar 2020 11:13 WIB

Google Gelontorkan Rp 13 Triliun demi Lawan Corona

Aulia Damayanti - detikFinance
Google I/O 2017 Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta -

Google akan beri sumbangan lebih dari US$ 800 juta atau sekitar Rp 13 triliun (Rp 16.300) untuk membantu bisnis, organisasi, dan petugas kesehatan dalam hadapi pandemi virus corona.

CEO Google, Sundar Pichai mengatakan akan memberikan World Health Organization (WHO) dan agensi pemerintahan global total sebesar Rp 4 triliun (US$ 250 juta) dalam bentuk hibah iklan.

Selain itu, kredit iklan Google senilai Rp 5,5 triliun (US$ 340 juta) akan tersedia untuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang akunnya telah aktif selama setahun terakhir

"Kredit iklan Google senilai US$ 340 juta akan tersedia untuk usaha kecil dan menengah yang akunnya telah aktif selama setahun terakhir dengan tambahan US$ 20 juta yang dialokasikan untuk pengumuman dana bantuan dan dukungan untuk usaha kecil," kata Pichai dalam sebuat postingan blog, pada Jumat (27/3/2020).

Melansir dari CNN Bussines Senin (30/3/2020), Google juga menyiapkan dana investasi Rp 3,2 trilun (US$ 200 juta) untuk membantu usaha kecil mendapatkan akses ke modal. Lalu total sebesar Rp 328 miliar (US$ 20 juta) bantuan dalam kredit Google Cloud untuk akademisi dan peneliti yang bekerja memerangi virus corona.

Google juga bekerja sama dengan Magid Glove & Safety, untuk memproduksi hingga 3 juta masker dalam beberapa minggu mendatang yang akan disumbangkan ke CDC.


Apple pada Jumat lalu merilis situs web dan aplikasi iOS untuk membantu pengguna dalam mengetahui gejala virus corona. Tidak hanya itu Apple juga menyumbangkan 10 juta masker ke seluruh AS dan Eropa.

Facebook (FB), seperti Google, telah menawarkan kredit iklan gratis kepada WHO dan lembaga lain untuk memberikan informasi yang akurat tentang virus corona.

Konglomerat Jepang SoftBank (SFTBF) dan raksasa teknologi China Alibaba (BABA) telah berjanji untuk menyumbangkan sekitar satu juta masker masing-masing kepada petugas kesehatan AS.



Simak Video "Masjid Dibuka, Warga Palestina Bahagia"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com