PNS Juga Harus Sosialisasi ke Tetangga Biar Nggak Mudik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 30 Mar 2020 15:18 WIB
Pemerintah melakukan penyesuaian jam kerja untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan Ramadhan. PNS di DKI Jakarta pulang lebih awal selama bulan puasa.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pegawai negeri sipil diminta untuk tidak mudik demi mencegah penyebaran virus corona. PNS juga diminta berikan sosialisasi ke masyarakat untuk tidak melakukan mudik.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Dwi Wahyu Atmadji mengatakan semua PNS harus aktif berikan edukasi soal social distancing.

"ASN juga diminta berikan pemahaman ke masyarakat di lingkungannya agar tak ikut mudik. Ini untuk mendukung upaya menekan Covid-19. ASN juga bisa berikan edukasi mengenai social distancing maupun psychal distancing," kata Dwi saat melakukan video conference, Senin (30/3/2020).

MENPAN-RB Tjahjo Kumolo juga meminta seluruh PNS bisa melakukan sosialisasi mengenai anjuran Pemerintah. Selain itu, juga harus memberikan update informasi dari Gugus Tugas Covid-19 dari BNPB ke lingkungannya.

"ASN saya mohon komit dengan anjuran Presiden, dan kita ikuti perkembangan Gugus Tugas BNPB untuk lakukan tugas keseharian. Lalu mengingatkan masyarakat tidak mudik dan jaga jarak yang aman," kata Tjahjo.

KemenPAN-RB sendiri sudah menerbitkan Surat Edaran no. 36/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan Kegiatan Mudik Bagi Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Di surat tersebut dijelaskan secara rinci soal larangan mudik dan apa saja yang harus dilakukan para PNS.



Simak Video "BKN: Banyak PNS di DKI yang Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)