Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Mar 2020 15:53 WIB

Rizal Ramli soal Penanganan Corona: Jangan Gengsi Pakai Dana Infrastruktur

Anisa Indraini - detikFinance
Jakarta -

Ekonom senior Rizal Ramli meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalihkan anggaran proyek infrastruktur untuk penanganan pandemi virus corona (COVID-19). Adapun anggaran tersebut senilai Rp 430 triliun.

"Jangan gengsi. Gunakan uang proyek infrastruktur Rp 430 triliun, dana Saldo Anggaran Lebih (SAL) dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) yang kurang lebih Rp 270 triliun untuk membantu kebutuhan pokok pekerja harian dan rakyat miskin. Ajak tentara, polisi, sopir ojol, RT/RW untuk distribusi makanan," kata Rizal dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Senin (30/3/2020).

Ia juga meminta agar rencana pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota yang memakan biaya hingga Rp 470 triliun dihentikan. Sebab menurutnya dampak virus corona terhadap perekonomian masyarakat kecil sangat terasa.

Rizal menjelaskan, para pekerja seperti buruh, petani, dan kuli bangunan sudah terancam menganggur. Begitu juga dengan pedagang sayuran dan buah, penjaja makanan dan pekerja sektor informal lainnya juga banyak yang gulung tikar karena tak ada pembeli.

"Mereka semua butuh makan yang cukup dan harus ditolong pemerintah dan pengusaha yang peduli. Bertindaklah sekarang, act now," tegasnya.

Mantan anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu menilai, pengorbanan harus dimulai dari pemimpin. Pemimpin, kata Rizal, harus menjadi contoh dan membangun kredibilitas.

"Nyawa manusia lebih penting dari proyek," katanya.



Simak Video "Rizal Ramli Sebut BPJS Dibentuk Dengan Keterpaksaan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com