Keren! Logo McDonald's hingga Coca-Cola Pun Jaga Jarak

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 30 Mar 2020 22:00 WIB
McDonalds Logo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menjaga jarak atau physical distancing adalah hal yang penting dilakukan saat ini demi mencegah penyebaran Virus corona yang telah menjadi pandemi di seluruh negara di dunia. Tapi ternyata hal itu tak hanya dilakukan oleh manusia, melainkan juga sejumlah logo atau brand internasional.

Setidaknya ada McDonald's, produsen mobil Audi dan Volkswagen, Coca-Cola, dan Nike memelintir logo mereka untuk gerakan social/physical distancing.

Hal itu membuat pro dan kontra di kalangan beberapa ahli. Direktur Kreatif Eksekutif Siegel + Gale, Douglas Sellers memuji kreativitas perusahaan yang melakukan gerakan tersebut.

"Merek yang mendesain logo jarak sosial memiliki potensi untuk mengurangi keparahan dari apa yang kita alami. Kreativitas, semangat, dan pemikiran yang mengarah ke keinginan untuk membantu, mendidik, dan menjadi bagian dari gerakan jarak fisik adalah catatan yang layak," ujarnya dilansir dari CNN Business yang dikutip detikcom, Senin (30/3/2020).

Sedangkan Pemimpin Redaksi Ad Age Brian Braiker menilai seharusnya merek memberikan layanan nyata dan penuh makna, merujuk pada perusahaan sekelas Christian Dior dan Givenchy yang membuat pembersih tangan dan GAP yang membuat masker untuk petugas kesehatan.

"Memahami situasi, tutup mulut dan melakukan sesuatu yang bermanfaat benar-benar satu-satunya cara yang harus dilakukan saat ini. Ketika merek seperti McDonald's atau Coca-Cola melampiaskan logo mereka dalam 'solidaritas,' itu membunyikan nada masam," ucapnya.

Berikut daftar merek yang memelintir logo mereka untuk gerakan social distancing:

McDonald's
Di Brasil, McDonald's memisahkan lengkungan emas berbentuk M ikoniknya dalam gambar di sosial media Facebook. Pemisahan lengkungan huruf mengartikan jarak antara pelanggan dan perusahaan karena sejumlah gerai ditutup sementara, namun tetap melayani pesanan antar.

Keren! Logo McDonald's hingga Coca-cola Pun Lakukan Social DistancingFoto: Dok. McDonalds

Coca-Cola
Sementara, iklan Coca-Cola terpampang di Times Square New York, AS, yang sepi dari lalu lalang penduduk. Coca-Cola memperlihatkan pemisahan setiap huruf yang menjadi logonya dengan slogan 'tetap terpisah adalah cara terbaik untuk tetap terhubung'.

Keren! Logo McDonald's hingga Coca-cola Pun Lakukan Social DistancingFoto: Dok. Coca Cola

Audi dan Volkswagen
Produsen mobil asal Jerman, Audi dan Volkswagen, juga mengubah logo mereka untuk akun sosial media. Audi memisahkan empat lingkaran yang tadinya berdekatan dalam logo mereka. Audi memberi tahu kepada masyarakat untuk tetap di rumah dan menjaga jarak.

Sedangkan Volkswagen mempromosikan video singkat dengan memisahkan huruf V dan W yang biasanya menempel.

Keren! Logo McDonald's hingga Coca-cola Pun Lakukan Social DistancingFoto: Dok. Audi

Nike
Produsen sepatu dan pakaian olahraga Nike juga tidak mau kalah. Meski tidak mengubah logonya, ia meluncurkan kampanye di sosial media dengan sederet atlet bintang, seperti LeBron James dan Tiger Woods.



Simak Video "Cara London Dukung Social Distancing: Perlebar Trotoar"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)