Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Mar 2020 21:45 WIB

Mau Beli Sembako Online di Bulog? Begini Caranya

Vadhia Lidyana - detikFinance
Bulog Operasi Pasar Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Perum Bulog menyelenggarakan penjualan sembako melalui platform online. Langkah ini merupakan salah satu upaya mengurangi aktivitas di luar rumah demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Meski produk utama Bulog adalah beras, namun perusahaan pelat merah tersebut juga menyediakan bahan pokok lainnya seperti gula, minyak goreng, mi instan, tepung, bumbu-bumbu masak, kopi, dan lain-lain di toko-toko online, salah satunya platform iPanganandotcom.

"Pangan yang dibeli melalui ipanganandotcom akan diantar langsung ke rumah pembeli sehingga akan mempermudah dan memastikan pendistribusian komoditas pangan langsung diterima oleh masyarakat tanpa perlu antri ke pasar," kata Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Senin (30/3/2020).


ipanganandotcom sudah bisa digunakan masyarakat di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Makassar dan Medan melalui aplikasi Shopee (https://shopee.co.id/ipanganandotcom). Selain menyediakan beras, ipanganandotcom juga menyediakan beberapa kebutuhan pangan lainnya termasuk gula.

Selain dapat dibeli melalui ipanganandotcom, Gula Manis Kita produksi Perum BULOG dapat dibeli melalui saluran online lainnya di BULOG official store https://bit.ly/pangankita_official. Khusus untuk masyarakat yang tinggal di Jakarta yang merupakan daerah epicentrum penyebaran COVID-19, Gula Manis Kita juga dapat dibeli secara offline melalui Rumah Pangan Kita di Jalan Gatot Subroto Kav.59 Jakarta Selatan.

Khusus komoditas pangan utama yaitu beras, BULOG memiliki stok yang tersimpan di gudang-gudang BULOG seluruh Indonesia dengan total stok mencapai 1,4 juta ton dari total kapasitas gudang yang tersedia sebesar 3,8 juta ton. Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya sehingga pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun.

Penjualan bahan pokok baik beras, gula dan sebagainya dengan harga terjangkau tersebut dilakukan sebagai upaya menstabilkan harga di pasaran.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, Bulog menjamin kebutuhan beras dan pangan lainnya tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut", papar Buwas.

Kemudian, Buwas menjabarkan stok beras di gudang Bulog saat ini mencapai 1,4 juta ton. Namun, memasuki panen raya di bulan April-Mei, stok akan terus bertambah. Hari ini saja, Bulog menyerap 100.000 ton hasil panen beras petani dalam negeri.

"Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya sehingga pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun," tutupnya.



Simak Video "Pandemi Corona, Bulog: Stok Beras 1,4 Juta Ton, Gula 5 Ribu Ton"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com