Melihat Jejak Bisnis 'Raja Hutan' Bob Hasan yang Tutup Usia

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 31 Mar 2020 13:01 WIB
Ketua Umum PB PASI Bob Hasan. file/detikFoto.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Salah satu figur nasional, Bob Hasan tutup usia. Dia meninggal karena sakit kanker paru-paru yang sudah lama diidapnya. Dalam riwayat hidup terakhirnya dia biasa disebut bapak atletik Indonesia.

Namun dikutip detikcom dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, Selasa (31/3/2020), kiprahnya di dunia bisnis cukup panjang. Dirinya telah mencicipi kursi kepemimpinan di banyak perusahaan Umumnya perusahaan yang pernah dijajakinya bergerak di industri kayu dan perhutanan.

Perusahaan-perusahaan yang pernah didudukinya adalah PT Kalimanis Plywood, PT Wasesa Lines, PT Pasopati Holding Company, PT Karana Shipping Lines, PT Hutan Nusantara, PT, Lifetime Assembly of Watch and Electrical Equipment, hingga PT McDermott Indonesia.

Atas karir tersebut, pria keturunan Tionghoa yang lahir 24 Februari 1931 itu juga mendapat julukan dengan sebutan 'Raja Hutan'.

Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan dalam kabinet Pembangunan VII masa kerja 14 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998.

Kabar meninggalnya Bob disampaikan dalam keterangan PB PASI dari grup pesan Whatsapp pada Selasa (31/3/2020) siang.

"Innalillahi wa inna illahi rojiun. Telah kembali ke rahmatullah Bapak Bob Hasan pada pukul 11.00 WIB siang di RSPAD. Semoga amal dan ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT," tulis pesan tersebut.

Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung mengkonfirmasi kabar tersebut.

"Iya benar tadi pukul 11.00 WIB meninggal dunia di RS. Selama ini beliau bertarung dengan penyakit kanker di beberapa bagian, terutama pada paru-paru. Dengan usianya yang sudah cukup lanjut sehingga cukup berat perjuangannya," kata Tigor dalam pesannya kepada pewarta.



Simak Video "Bob Hasan, Eks Menteri Era Soeharto Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)