Orang Kaya Afrika Ikut Sumbang Rp 912 M Lawan Corona

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 01 Apr 2020 10:56 WIB
Wabah virus Corona berdampak cukup besar di Iran. Guna memberikan perawatan maksimal bagi pasien COVID-19, Iran rombak gedung pertemuan jadi RS Darurat Corona.
Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi
Jakarta -

Beberapa konglomerat di berbagai negara mengucurkan hartanya untuk meredam imbas virus corona. Mulai dari Bill Gates dan Melinda Gates yang tercatat sudah menyumbangkan US$ 10 juta atau sekitar Rp 160 miliar (kurs Rp 16 ribu) untuk membantu pasien di China dan Afrika.

Selain itu, ada juga Jack Ma yang sudah merogoh koceknya hingga US$ 14 juta atau sekitar Rp 224 miliar untuk upaya mengembangkan vaksin corona melalui Jack Ma Foundation.

Tak hanya konglomerat asal negara maju saja yang giat berdonasi selama pandemi ini. Orang kaya asal Afrika Selatan juga cukup banyak yang tergerak hatinya untuk memerangi wabah ini.

Salah satunya seperti yang dilakukan miliuner Patrice Motsepe. Baru-baru ini Motsepe mengumumkan bahwa kelompok perusahaannya akan menyumbang sebanyak 1 miliar rand (US$ 57 juta) setara Rp 912 miliar (kurs Rp 16.000/US$).

Melansir Bloomberg, pekan lalu, dua keluarga terkaya di Afrika Selatan, Nicky Oppenheimer dan Johann Rupert, mengatakan bahwa masing-masing dari mereka juga sudah menyumbangkan 1 miliar rand (US$ 57 juta) untuk membantu mereka yang terdampak virus ini.

Menurut data pemerintah setempat, satu orang telah dinyatakan meninggal karena virus Corona Covid-19 di Afrika Selatan, di mana lebih dari 1.100 orang telah terinfeksi.



Simak Video "Soal 'Kalung Anti-Corona', Komisi IV: Silakan, Asal Jangan Pakai APBN"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)