Video Conference saat WFH: Santuy Tapi Sopan

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 01 Apr 2020 15:34 WIB
Video conference
Ilustrasi Video Ceonference
Jakarta -

Pandemi corona telah mengubah pola kerja menjadi kerja dari rumah Work From Home (WFH). Hal itu juga menyebabkan berbagai perusahaan dan pemerintah mengubah platform koferensi video untuk melakukan press conference atau rapat angggota.

Konferensi video memungkinkan pekerja untuk terus mengadakan pertemuan.

Dilansir dari CNN Bussines, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang aturan selama konferensi video jarak jauh:

Gunakan Pakaian yang Tepat

Ikuti budaya perusahaan Anda ketika melakukan konferensi video jarak jauh.

Beberapa pekerja diharapkan untuk mengenakan pakaian yang sama ketika mereka kenakan di kantor. Sementara beberapa perusahaan menyarankan pakaian yang santai namun tetap rapih dan nyaman.

Jangan Terlalu Memusingkan Background Ruangan Anda

Jika Anda memiliki ruang kerja khusus di rumah Anda, hal itu bukan kendala jika harus melakukan konferensi video. Lain halnya jika Anda tidak memiliki ruang kerja sendiri. Tetapi itu bukan masalah

Carilah latar belakang yang tidak mengganggu pandangan dan singkirkan barang-barang pribadi yang mungkin sedikit privasi bagi Anda.

Atur Pencahayaan

Pencahayaan adalah hal penting agar wajah terlihat baik dan mendapatkan hasil maksimal dari panggilan video.

Peter Arvai, co-founder and CEO, Prezi sebuah perusahaan perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet. Mengatakan yang paling penting dari konferensi video wajah Anda terlihat dengan jelas.

Perkenalkan diri Anda

Pastikan Anda melakukan perkenalkan diri agar proses konferensi video jarak jauh ini berjalan dengan baik. Selain itu, agar semua anggota dengan nyaman mengenal semua peserta rapat dengan baik

Aruna Ravichandran, wakil presiden dan kepala pemasaran bisnis Cisco Webex Collaboration berpendapat personalisasi sangat penting dan membuat orang nyaman untuk melakukan percapakan

Minimalisir Gangguan

Sejatinya orang akan tidak nyaman jika seseorang yang diajak berbicara tengah asik dengan kesibukan lain. Padahal saat itu tengah berlangsung pertemuan penting.

Sama halnya saat melakukan konferensi video, hal tersebut sangat mengganggu. Dalam konferensi video ada tombol mute untuk menghindari gangguan suara yang tidak nyaman bagi pembicara dan mengindari gangguan sepanjang pertemuan.

Jika Anda tidak berbicara, diamlah. Jika tetap takut suasana rumah Anda mengganggu, gunakan tombol mute.



Simak Video "Tips Google Supaya Kerja dari Rumah Selama Pandemi Bisa Efektif!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)